Yuk Kenali Keaslian Uang Rupiah Kertas dan Logam Tahun Emisi 2016

Uang, sebagai alat pembayaran yang sah dalam setiap transaksi terkadang membuat manusia jadi lupa diri. Banyak tidaknya seseorang mempunyai uang terkadang dijadikan tolak ukur seberapa kaya orang tersebut. Tidak hanya menyangkut perekonomian, dalam banyak hal uang juga sangat mempunyai pengaruh yang sangat besar. Karena pentingnya uang tersebut, tidak sedikit orang yang ingin mencoba memalsukan uang agar dapat memperkaya diri sendiri meski melanggar hukum.

Untuk mencegah pemalsuan uang, pemerintah selalu mensosialisasikan 3D (Dilihat, Diraba dan Diterawang). Meski pengaman uang selalu ditingkatkan, selalu ada cara bagi para pemalsu uang untuk menirunya. Di akhir tahun 2016, Bank Indonesia mengedarkan 7 pecahan uang rupiah kertas dan 4 pecahan uang logam. Setidaknya ada 6 sistem pengaman yang menjadikan uang tersebut asli. Yuk kenali keaslian uang rupiah kertas dan logam tahun emisi 2016.

Color Shifting

Anda tahu gambar hologram? Sistem color shifting ini hampir mirip dengannya. Jika uang kertas dilihat dari sudut pandang yang berbeda, akan terjadi Perubahan Warna Secara Kontras.

Rainbow Feature

Rainbow Feature adalah sistem pengaman uang kertas yang apabila dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul gambar tersembunyi. Gambar ini terkesan multi warna seperti warna pelangi yang membentuk angka nominal.

Latent Image

Latent Image akan muncul gambar tersembunyi berupa teks logo BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakangnya. Tentu saja ini bisa lihat dari sudut tertentu.

Ultra Violet

Pada emisi sebelum-sebelumnya, sistem pengaman ultra violet ini memang sudah ada pada mata uang kertas di Indonesia. Namun pada emisi 2016 ini, pengaman ultra violet sudah ditingkatkan ke yang lebih tinggi. Dari sisi desain dilakukan penguatan desain UV feature yang akan memendar menjadi dua warna ketika uang kertas dilihat dibawah sinar UV.

Tactile Effect

Pada keluaran uang kertas emisi 2016 ini sudah dilengkapi dengan pengaman yang disebut Tactile Effect. Desain uang dengan penyempurnaan fitur kode tuna netra (blind code) dengan melakukan perubahan desain pada bentuk kode berupa efek rabaan (tactile effect). Perubahan ini dilakukan untuk membantu para tuna netra agar lebih mudah mengenali pecahan uang kertas.

Rectoverso

Rectoverso merupakan sistem terawang yang ada pada uang kertas. Pada saat diterawang, akan terbentuk gambar saling isi berupa logo BI. Efek Rectoverso ini dapat dilihat dari kedua sisi permukaan uang kertas dari belakang maupun depan.

Uang Logam Emisi 2016

Ada 4 pengedaran uang logam pada emisi 2016 yang terdiri dari pecahan RP. 100, Rp. 200, Rp. 500, dan Rp. 1.000. Pecahan uang logam Rp. 100, Rp. 200 dan Rp. 500 rupiah terbuat dari Alumunium, sedangkan uang logam Rp. 1000 terbuat dari bahan yang disebut Nickel Plated Steel.

Setiap pecahan uang logam juga mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Uang logam Rp. 1.000 pada bagian belakang terdapat relief titik-titik yang membentuk lingkaran. Uang logam Rp. 500 pada bagian sisi terdapat beberapa cetakan bergerigi.

Tags: Ciri-Ciri Uang Rupiah 2016 Uang Uang 2016 Uang Baru

Related Post "Yuk Kenali Keaslian Uang Rupiah Kertas dan Logam Tahun Emisi 2016"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini
6 Makanan Pedas Indonesia Tahun 2017 Paling Viral
Tak terelakkan lagi jika Indonesia sangat terkenal

Leave a reply "Yuk Kenali Keaslian Uang Rupiah Kertas dan Logam Tahun Emisi 2016"