WannaCry, Ransomware Sadis yang Minta Tebusan $300

Banyaknya virus jahat di internet terkadang membuat anda takut untuk mengakses suatu situs atau file. Wanna Decryptor atau yang biasa disebut dengan WannaCry adalah salah satu ransomware yang masuk ke dalam sistem komputer atau server dan mengunci pengguna dengan cara mengenkripsi seluruh file. File yang sudah terenkripsi ini tidak bisa dibuka sampai anda mengirimkan uang tebusan sebesar $300 kepada pemilik virus tersebut.

WannaCry sebenarnya adalah salah satu bagian dari alat yang dikembangkan oleh NSA (National Security Agency) yang berhasil diretas oleh suatu kelompok hacker yang bernama Shadow Brokers dan kemudian disebarkan melalui situs github. Salah satu ransomware yang satu ini didukung dengan 28 bahasa yang berbeda, jadi akan mudah untuk disebarluaskan secara massal.

WannaCry pertama kali menyerang sistem British National Service (NHS). Akibat hal tersebut, sistem komputer di NHS menolak pasien, membatalkan operasi dan menjadwal ulang janji temu pasien.

Dalam beberapa jam sejak terdeteksi pada tanggal 12 Mei 2017, WannaCry sudah menginfeksi 36 ribu sistem komputer. Di lansir dari situs Avast, tertanggal 14 Mei 2017, WannaCry sudah menginfeksi 126 ribu sistem di 104 negara. Negara yang paling banyak menerima infeksi WannaCry adalah Russia, Ukraina dan Taiwan.

File yang terinfeksi WannaCry akan berubah ekstensina secara otomatis. Misal suatu file gambar bernama “Gambar1.jpg”, jika terinfeksi WannaCry akan berubah menjadi “Gambar1.jpg.WNCRY. Wallpaper komputer anda pun akan berubah secara otomatis seperti gambar dibawah ini.

Untuk sementara, WannaCry baru menginfeksi sistem Windows XP.  Sistem yang diterobos oleh WannaCry ini sebenarnya sudah diperbarui oleh Microsoft pada 14 maret 2017 lalu. Namun ada kalangan yang tidak memperbelohkan untuk tidak mengupdatenya. Ini dilakukan mungkin karena software yang dipakai pengguna belum mendukung update terbaru dari Microsoft. Jika anda ingin memperbarui sistem Windows XP ini, anda bisa langsung menguduhnya disini.

Sebelum terkena WannaCry, lebih baik anda memperbarui atau memasang antivirus yang handal. Software pertama yang mengembangkan penangkal ransomware WannaCry adalah ESET. Software anti-malware ESET akan meningkatkan perlindungan dengan menambahkan deteksi terhadap ancaman spesifik seperti Win32/Filecoder.WannaCriptor.D

Di Indonesia sendiri, WannaCry sudah menginfeksi sistem di Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah sakit Dharmais di Jakarta.

Tags: Malware Ransomware Virus Wanna Decryptor WannaCry

author
Author: 

Related Post "WannaCry, Ransomware Sadis yang Minta Tebusan $300"

Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Cara Mudah Buka Blokir Telegram, Reddit, Dan Vimeo
Semakin hari, teknologi semakin maju. Hal ini
Lebih Ganas, Si Wiper Petya 2017 Bukanlah Ransomware
Masih ingatkah anda dengan keganasan WannaCry? Beberapa
Cukup Satu Antivirus Untuk Satu Perangkat, Ini Alasannya
Maraknya perangkat elektronik yang digunakan manusia sebagai

Leave a reply "WannaCry, Ransomware Sadis yang Minta Tebusan $300"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.