Unik, Pemilihan Presiden Di Negara Ini Pakai Kelereng

Kelereng, bola kecil yang terbuat dari kaca ini tentu sudah tidak asing bagi anda. Mainan anak-anak yang identik dengan permainan tradisional di Indonesia ini sudah mulai menghilang saat ini. Namun siapa sangka, di sebuah negara, bola kaca tersebut digunakan sebagai alat politik sebagai pengganti kertas suara dalam pemilu.

Di wilayah Afrika Barat, tepatnya di Republik Gambia yang hanya berukuran 10.500 Km persegi ini menggunakan kelereng sebagai alat untuk memilih kepala negaranya. Sistem unik pemilihan presiden menggunakan kelereng ini sudah dilakukan Republik Gambia sejak tahun 1965. Hal ini dilakukan karena tingginya buta huruf di negara tersebut.

memasukkan-kelereng

Mekanisme pemungutan suaranya hampir sama dengan negara demokrasi. Para pemilih memasuki tempat pemungutan suara dan memilih salah satu calon yang dianggap mewakili aspirasinya. Bedanya hanya terdapat pada alat yang digunakan dan cara penghitungannya yang unik. Para pemilih akan memasukkan kelereng kedalam sebuah drum yang sudah diwarnai dan ditempeli foto calon presiden.

Kelereng tersebut dimasukkan ke drum melalui pipa dan yang tersangkut di pipa dianggap suara yang tidak sah. Setiap kelereng yang jatuh ke dalam drum akan membunyikan bel, hal ini dilakukan agar para panitia pemilihan dapat mengetahui jika ada pemilih yang memasukkan kelereng lebih dari satu. Bel yang digunakan pun mirip dengan bel sepeda sehingga sepeda tidak boleh berada di sekitar tempat pemungutan suara untuk menghindar kebingungan para panitia.

Sama halnya dengan di Indonesia, setiap pemilih yang sudah memilih pasangannya akan dicap jarinya dengan tinta yang sulit untuk di hapus.

drum-pemilihan

Jumlah drum pilihan disesuaikan dengan jumlah calon presiden. Tiap drum akan diberi cat sesuai warna dan simbol partai yang mengusung para kandidat. Setiap drum akan diisi pasir sebelum oleh calon partai dan ditutup dengan segel yang diberi nomor.

menghitung-kelereng

Kelereng-kelereng tersebut akan dihitung dengan ditempatkan dalam satu baki dengan 200 atau 500 lubang. Hal ini dilakukan agar mempermudah para panitia untuk menghitung kelereng-kelereng tersebut.

Cukup unik ini memang pemilu di Republik Gambia. Bagaimana jika ini dilakukan diĀ  Indonesia?

Tags: Kelereng Pemilu

Related Post "Unik, Pemilihan Presiden Di Negara Ini Pakai Kelereng"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga
7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017
Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang
8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal
Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu

Leave a reply "Unik, Pemilihan Presiden Di Negara Ini Pakai Kelereng"