Suka SMS? BBM? WA? Line? Lihat Aturannya Disini

Era sekarang sudah berubah, begitu juga dengan cara berkomunikasi. Dulu orang masih sering menggunakan amplop untuk surat menyurat. Sudah sangat jarang orang menggunakan surat untuk berkomunikasi karena waktu yang digunakan relatif lama. Tapi sekarang yang namanya teknologi sudah merajalela, yang namanya elektronik khususnya smartphone yang juga di bekali dengan aplikasi seperti SMS, BBM, WA ataupun Line sudah bisa melakukan komunikasi yang berbasis teks juga. Kelebihannya? waktu pengiriman lebih cepat, tidak berhari – hari, namun hanya hitungan seperkian detik (kalo ada masalah jaringan lain lagi). Tahukah kamu jika berkirim pesan seperti ini ada aturannya? Bukan aturan tertulis seperti Undang – Undang ataupun Perpu yang diributkan seperti sekarang ini. Ada aturan tidak tertulis yang harus kita tahu dalam berkirim pesan, lebih tepatnya mungkin disebut etika dalam berkirim pesan.

1. Belum Dibalas? Rileks aja kali.

Belum dibalas

Kamu sudah kirim pesan? Belum dibalas juga? Terus kamu bom ping? Positive thinking aja, mungkin orang yang kamu kirim pesan lagi sibuk. Atau segera sadarlah kamu, mungkin orang yang kamu kirimi pesan sudah tidak nyaman dengan apa isi yang kamu tulis. Jika kamu terus membombardir dengan ping/pesan? Yakinlah, mereka pasti tidak akan membalas pesanmu.

 

2. Selalu Merespon

Selalu Merespon

Jika kamu yang menerima pesan, selalu kasihlah respon yang baik. Jangan dicuekin, tahu kan rasanya dikacangin? Mau kalau kamu yang dikacangin? Jika ingin di hargai, hargailah dulu orang lain.

NB : Kalau pesannya membahayakan, jangan direspon. Misal, mama minta pulsa, papa sms minta tiket pesawat, 😀

3. Lihat Waktu

Lihat waktu

Poin ini berhubungan dengan Poin 1. Jangan kirim pesan jam 2 atau 3 pagi atau masa – masanya orang sibuk kerja. Tahu kan kenapa? Setiap orang punya waktu privacy sendiri, jangan memaksakan apa yang ada di dalam pikiranmu. Lihat sikon itu perlu. 😀

4. Jangan Menulis Novel atau Cerpen Bersambung

novel

Jangan mengirim pesan yang isinya sampai beberapa paragraf. Kalau memang banyak detail yang ingin dijelaskan, lebih baik telepon atau ketemu langsung. Tentu kamu tidak ingin yang baca pesanmu juga bingung dengan apa yang kamu tuliskan.

5. Bertanya Dahulu Sebelum Telepon.

tanya dulu

Sekali lagi, hargai privacy orang lain. Bersikaplah baik pada temanmu yang introvert. Jika kamu kamu mengiriminya pesan dan dia membalasnya agar tidak diganggu terlebih dahulu, tolong jangan membalasnya dengan langsung meneleponnya. Hargailah, mungkin dia sedang sibuk, menyetir ataupun sedang punya waktu sendiri. Bertanyalah terlebih dahulu sebelum menelepon.

6. Hindari Sarkasme (Kata – Kata Kasar)

kata kasar

Hindari kata – kata kasar dalam berkirim pesan. Dalam berkirim pesan teks tidak ada nada, takutnya si penerima salah persepsi dengan pesan yang kamu kirim. Kecuali pada teman akrabmu sendiri, misalnya seorang teman yang sudah sangat akrab, mereka terkadang memanggil teman lainnya dengan “Cok”, “Asu”, atau kata – kata lainnya bila  terdengar orang lain termasuk kata yang kasar.  Jadi berhati – hatilah dalam memilih kata.

7. Cek Lagi Sebelum Dikirim

pesan-typo

Di smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan fitur autocorrect. Jangan sampai apa yang ingin kamu sampaikan berbeda dengan apa yang kamu tulis. Cek kembali sebelum dikirim.

8. Tanggapi Secara Proporsional

Iya

Jika ada temanmu yang mengirimu pesan panjang lebar seperti poin no. 4, balaslah secara proporsional. Jangan hanya bilang “OK”, “OH”, “YA” DLL, kecuali jika kamu memang ingin kehilangan temanmu atau ingin diasingkan, atau jika kamu ingin temanmu membanting handphone mereka. Silahkan lakukan saja.

9. Hindari Penggunaan CAPSLOCK yang Berlebihan

Capslock

Kamu lagi marah? Lagi kesal? Jangan melaui pesan teks, disimpan terlebih dahulu, kamu bukan ababil kan?. Kecuali jika anda sedang bermain game online atau semacamnya, capslock aja tidak apa – apa, biar sadar 😀

10. Jangan Menulis Pesan Sambil Berjalan

Berjalan

Tahu kan kenapa? Banyak lubang atau bahaya lain yang bisa mengancam kamu. Tentu kamu tidak mau di saat dijalan tiba – tiba kamu di jambret, diculik atau dicolek 😀

11. Jangan Berkirim Pesan Saat Mengendari Kendaraan Bermotor

Jaga Keselamatan

Dan inilah yang paling penting. Jangan lakukan ini apapun alasannya. Jika sangat mendesak, berhentilah dahulu di pinggir jalan agar tidak mengganggu pengendara yang lain. Meskipun dijalan lagi sepi, wajib ke pinggir dahulu, menjaga kemungkinan yang tidak terduga tentunya. Kamu masih ingin selamat kan?

Tags: Aturan BBM Aturan Line Aturan SMS Aturan WA Etika BBM Etika Line Etika SMS Etika WA

author
Author: 

Related Post "Suka SMS? BBM? WA? Line? Lihat Aturannya Disini"

Cara Mudah Buka Blokir Telegram, Reddit, Dan Vimeo
Semakin hari, teknologi semakin maju. Hal ini
Hanya Daftar, Langsung Dapat 1 USD (Khusus Pengguna Paypal)
Disini saya akan membagikan cara mendapatkan $1
Fatal, Asal “KLIK” Seat Belt Membahayakan Hidup Anda
Sabuk pengaman atau yang biasa disebut seat
Cukup Satu Antivirus Untuk Satu Perangkat, Ini Alasannya
Maraknya perangkat elektronik yang digunakan manusia sebagai
  1. author

    Iqbw_2 years agoReply

    whahaha anjritttt

    • author

      Sikerok (Author)2 years agoReply

      wkwkwkwkwk, ketawa aja lo bro.

  2. author

    rofiqmedia2 years agoReply

    makasih gan,, sangat bermanfaat

    • author

      Sikerok (Author)2 years agoReply

      semoga bermanfaat, yang penting hati – hati gan.

  3. author

    ariefsigli2 years agoReply

    mantap, kebanyakan trik belum saya caba tuh, hehe

    • author

      Sikerok (Author)2 years agoReply

      Trik apaan gan? itu tips -_-

  4. author

    Fhabrie LA DSperM2 years agoReply

    Thanks infonya gan,,, (y)

    • author

      Sikerok (Author)2 years agoReply

      Sama2, semoga bermanfaat.

  5. author

    Ryan M.2 years agoReply

    Hahaha keren, keren!

  6. author

    Tutorial Photoshop2 years agoReply

    haha… yang kaki ya masuk itu lo aku suka.. cantik cewek nya,,, hahaha

  7. author

    Rizki Wirawansyah2 years agoReply

    yang terakhir, kreatif sekali broo.. hahaha

Leave a reply "Suka SMS? BBM? WA? Line? Lihat Aturannya Disini"