Serai, Kenali Khasiatnya Sebagai Obat Tradisional

Siapa yang tidak kenal, salah satu tumbuhan yang sering digunakan pada masakan sebagai penambah rasa dan pewangi bagi makanan. Namun ada sisi lain pada serai yang dapat digunakan sebagai obat penyakit. Serai yang memiliki bau yang harum dan memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Serai Memiliki kandungan anti bakteri dan anti mikroba sehingga sangat baik untuk mencegah infeksi. Selain itu, terdapat kandungan senyawa analgesik yang berguna untuk meredakan sakit akibat sakit kepala, nyeri otot dan sendi. Manfaat lain dari serai adalah dapat digunakan untuk menurunkan panas, meluruhkan dahak, mengobati batuk, obat kumur dan penghangat badan. Dibawah ini ada beberapa cara penggunaan sera sebagai obat tradisional.

1. Obat Batuk

Jika batuk anda tidak kunjung sembuh, anda dapat mencoba resep dengan bahan serai untuk menyembuhkannya, Rebuslah 50 gram daun seran kering dalam 2 gelas air. Rebus sampai hingga setengah gelas. Minum 3 kali sehari agar batuk anda sembuh.

2. Obat Sakit Gigi

Gunakan 40 gram daun serai segar direbus dalam 2 gelas air sampai tinggal setengah gelas. Gunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur untuk mengatasi sakit gigi.

3. Obat Keseleo

Gunakan 2 batang sera, 2 buah kemiri dan sedikit air ditumbuk. Panaskan diatas api. Setelah cukup panas, tempatkan pada bagian yang terkilir.

4. Obat Sakit Maag

Gunakan 40 gram segar rebus dalam 2 gelas air dan biarkan sampai air tersisa setengah gelas. Minum 2 kali sehari.

5. Obat Pengusir Nyamuk

Letakkan daun seran beserta minyak zaitun dalam wadah aromaterapi. Nyalakan lilin yang ada di bawah wadah. Bau yang ditimbulkan ini tidak disukai nyamuk.

6. Obat Penghilang Rasa Sakit dan Penghangat Tubuh.

Anda dapat mengoleskan minyak serai pada tubuh untuk meredakan rasa nyeri sendi, pegal oto atau sakit kepala. Minyak serai yang dioleskan akan memberikan rasa hangat pada tubuh serta kandungan anal gesik yang berguna mengurangi rasa nyeri.

Sebagai catatan, minya serai terasa sangat panas, oleh sebab itu, sebaiknya minyak serai tidak digunakan secara langsung pada beberapa orang. Minyak serai dapat menimbulkan iritasi pada kulit, khususnya jika kulit anda tergolong sensitif. Untuk menyiasatinya, anda dapat menambahkan minyak pelarut sebelum digunakan pada kulit agar minya yang dipakai tidak terlalu pekat. Oleskan dulu pada area kecil dan lihat apakah kulit mengalami iritasi atau tidak. Minyak serai juga tidak disarankan pada wanita hamil karena dapat meningkatkan denyut jantung secara berlebihan.

Tags: Fungsi Serai

author
Author: 

Related Post "Serai, Kenali Khasiatnya Sebagai Obat Tradisional"

Ketika Mesin di Manusiakan dan Manusia di Mesinkan
Sedih, terkejut, marah atau eskpresi apapun yang
Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Bayi Tabung Tak Sesuai, Dokter Ini Dituntut Rp 35 Milyar
Presentase keberhasilan dalam setiap hal yang dilakukan
Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan
  1. author

    CodOwl2 years agoReply

    nice article

Leave a reply "Serai, Kenali Khasiatnya Sebagai Obat Tradisional"