Sejumlah Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Di Dunia

Tahun baru akan segera tiba. Menunggu datangnya tahun baru selalu menjadi momen yang menarik. Pada umumnya, terompet dan kembang api adalah dua benda yang selalu menemani saat datangnya tahun baru. Namun di beberapa negara dunia, ternyata ada tradisi unik yang tak hanya melibatkan dua benda tersebut.

Berikut sejumlah tradisi unik perayaan tahun baru di dunia.

Menggantung Bawang (Yunani)

Menggantung Bawang

Masyarakat Yunani akan menggantung bawang di depan rumahnya sebagai tanda kelahiran kembali di tahun yang baru. Selain itu, mereka juga akan memecahkan delima sebelum masuk rumah di hari pertama tahun baru sebagai simbol kemakmuran dan nasib baik.

Makan 12 Macam Makanan (Estonia)

12 Macam Makanan

Di Estonia, anda diharuskan untuk makan 12 jenis makanan yang berbeda di malam tahun baru. Tradisi ini dilakukan agar mereka yang melakukannya bisa mendapatkan kekuatan dari 12 orang di tahun mendatang.

Menulis Surat (Belgia)

Anak Kecil Menulis

Sint Sylvester Vooranvond, itulah sebutan tahu baru di Belgia. Di negara ini mempunyai tradisi menulis surat oleh anak kecil yang ditujukan pada orang tua dan kakek nenek mereka. Surat tersebut akan di baca dengan lantang saat tahun berganti di hadapan mereka semua.

Makan 12 Butir Anggur (Spanyol)

Makan Anggur

Pada saat lonceng tahun baru berdentang. Masyarakat Spanyol akan memakan 12 butir anggur. Tradisi ini dilakukan agar dapat membawa kemakmuran di tahun mendatang.

Buang Perabotan (Johannesburg)

Perabotan Tua

Tradisi yang satu ini memang unik. And di haruskan membuang perabotan tua dan usang keluar rumah lewat jendela. Tradisi ini dilakukan oleh penduduk Johannesburg, Afrika Selatan.

Makan Biji-bijian (Argentina)

Biji Bijian

Di Argentina, penduduknya akan memakan biji-bijian di malam tahun baru sebelum jam 00:00. Mereka percaya jika melakukan hal ini akan membawa keberuntungan pada karir mereka di tahun mendatang.

Melelehkan Tapal Kuda (Finlandia)

Tapal Kuda

Masyarakat Finlandia akan melelehkan Tapal kuda saat tahun baru. Tidak semua bagian tapal kuda akan dilelehkan, hanya sedikit timah yang di ambil di tapal kuda yang akan di lelehkan. Saat dilelehkan, timah tersebut akan dicelupkan pada ember yang berisi air dingin. Bentuk baru timah tersebut dipercaya sebagai gambaran keberuntungan di tahun mendatang.

Cium Masal (Venesia)

Cium Masal

Di Venesia, akan ada cium masal di lapangan St Mark saat tahun baru dirayakan.

Buah Bulat (Filipina)

Buah Bulat

Masyarakat di Filipina akan membentuk buah menjadi bulat saat malam tahun baru di meja mereka. Tradisi ini melambangkan uang dan kemakmuran yang akan datang di tahun mendatang.

Memberi Makan Ayam Jantan (Belarusia)

Ayam Hutan Jantan

Memberi makan ayam memang sudah biasa bagi sebagian orang. Namun ada yang unik saat memberi makan ayam di Belarusia pada malam tahun baru. Di negara tersebut, para wanita lajang akan berkumpul dan membentuk lingkaran dan di depan mereka akan ditaruh setumpuk jagung.

Ayam jantan akan di taruh di tengah lingkaran. Jagung pertama yang dipilih oleh si ayam di percaya akan membuat wanita pemilik jagung tersebut akan menikah di tahun mendatang.

Makan Marzipan (Jerman)

Permen Babi

Marzipan adalah sejenis permen yang populer di Eropa. Masyarakat Jerman akan memakan marzipan berbentuk babi yang dipercaya akan mendatangkan nasib baik di tahun mendatang.

Membakar Boneka (Ekuador)

Membakar Boneka Manusia

Di Ekuador, perayaan tahun akan diyakan dengan membakar boneka berbentuk manusia. Ini dilakukan agar nasib buruk di tahun sebelumnya akan hilang dan tahun baru akan disambut dengan keadaan yang bersih. Boneka manusia tersebut akan di bakar di tengah jalan.

Memakai Kostum Beruang (Rumania)

Kostum Beruang Rumania

Menggunakan Kostum beruang bulu saat tahun baru adalah tradisi di Rumania. Tak hanya menggunakan saja, mereka juga akan menari dengan kostum tersebut. Hal ini dipercaya akan mengusir roh jahat.

Nengajo (Jepang)

Kuil Budha

Pada saat tahun baru, kuil Budha di Jepang akan di dentangkan sebanyak 108 kali untuk menyambut Toshigami, dewa Tahun Baru. Selain itu, mereka juga akan membersihkan rumah dan mengirimkan kartu ucapan terima kasih yang disebut nengajo.

Menjatuhkan Es Krim (Swiss)

Es Krim Jatuh

Masyarakat Swiss akan merayakan tahun baru dengan menjatuhkan es krim. Tak seluruhnya, danya sedikit es krim yang di jatuhkan pada lantai. Bagi mereka, tradisi ini melambangkan rejeki yang melimpah dan kemakmuran di tahun mendatang.

Mengunjungi Makam (Chili)

Makam

Jika anda bersorak ria saat menyambut datangnya tahun baru, hal ini tidak berlaku bagi masyarakat di Chili. Merek lebih memilih mengunjungi makam saat tahun baru. Masyarakat Chili merayakan tahun baru bersama sanak saudara mereka yang telah meninggal dengan mengunjunginya.

Uang Logam Dalam Permen (Bolivia)

Permen Uang Logam

Pada saat tahun baru, di Bolivia akan ada uang logam dalam permen. Bagi mereka yang bisa uang logam tersebut di percaya akan mendapatkan nasib yang baik di tahun yang akan datang.

CD Penuh Warna (Brazil)

Warna Warni CD

CD disini bukanlah compact disk, melaikan celana dalam. Pada saat tahun baru masyarakat disana akan menggunakan celana dalamnya dengan penuh warna. Biasanya mereka akan menggunakan warna merah dan kuning yang dominan pada celana dalamnya. Bagi mereka, warna merah melambangkan kehidupan yang penuh cinta, sedangkan warna kuning melambangkan nasib yang baik.

Pecahkan Piring Di Depan Rumah Tetangga (Denmark)

Pecahkan Piring

Memecahkan piring di depan rumah tetangga, anda akan dikira mengajak mereka untuk bertengkar. Namun hal ini tidak berlaku pada saat tahun baru di Denmark. Bagi mereka, memecahkan piring di depan rumah tetangga akan mendapatkan nasib yang baik di tahun yang akan datang. Semakin banyak yang di pecah, makan akan semakin banyak keberuntungan yang akan di dapat.

Tags: Tradisi Tahun Baru Tradisi Unik

author
Author: 

Related Post "Sejumlah Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Di Dunia"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga
7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017
Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang
8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal
Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu

Leave a reply "Sejumlah Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru Di Dunia"