Ransum Dari Berbagai Belahan Dunia, Indonesia Punya Gudeg

Bertahan hidup di lingkungan yang sama sekali tidak anda ketahui tentu akan membuat anda bingung. Bagi mereka yang bertugas di bidang keamanan  seperti tentara saja juga butuh ransum yang cukup agar bisa bertahan hidup di medan perang.

Lain padang, lain belalangnya, lain negara, lain juga ransumnya. Tiap negara punya resepnya masing-masing untuk menyusun menu makanan ransumnya, yang terpenting bisa memenuhi kebutuhan gizi para prajurit. Meski berbeda-beda isinya, tiap negara hampir sama pengemasannya yaitu menggunakan plastik. Saking canggih pengemasannya, ransum tentara bisa bertahan selama 7 tahun. Berikut ransum dari berbagai belahan dunia.

Indonesia

Ransum di Indonesia yang digunakan oleh TNI sendiri dibagi menjadi 5 jenis, T2 ABC, TB-1, FD-3, T2-RP, dan T-2FD.

t2-abcT2 ABC, mirip dengan kaleng kornet. Beratnya hanya 400 gram dengan banyak pilihan menu seperti nasi ikan, nasi daging, nasi goreng, gudeg dan lainnya. Meski hanya berisi 400 gram. T2 ABC mampu menghasilkan kalori hingga 900 ca. T2 ABC hanya bisa tahan selama 1 tahun di dalam kemasan. Untuk mengolahnya hanya cukup dihangatkan saja.

tb-1TB-1, Ransum yang satu ini khusus untuk biskuit kering. Satu bungkus isinya hanya 12 biskuit. Meski rasanya hambar, 1 biskuit ini mampu membuat anda kenyang selama sehari penuh. Untuk menghilangkan rasa hambarnya, biskuit ini biasanya dipadukan dengan kopi.

fd-3FD-3, Ransum khusus tempur yang berbentuk susu bubuk.

t2-rpT2-RP, Mirip dengan ransum jenis T2-ABC, namun dikemas 2 kali (Alumunium dan plastik). T2-RP khusus untuk ransum tempur. Kemasan yang dibuat 2 kali tersebut dilakukan agar tidak penyok saat dijatuhkan dari udara.

t-2fdT-2FD, disebut juga dengan nasi bantal. T2-FD adalah ransum tempur dengan bahan yang dikeringkan. Untuk mengeloahnya dengan cara diseduh dengan suhu yang tinggi. Saat diseduh dan ditutup kemasannya, ransum ini akan mengembang seperti bantal.

Inggris

ransum-inggrisRansum tentara Inggris dibekali dengan brand makanan dan minuman terkenal seperti kopi Kenco dan teh Typhoo hingga botol mini Tabasco. Makanan utama dalam ransum Inggris berupa ayam tikka masala dan pasta vegetarian. Dilengkapi dengan berbagai maca multivitamin dan kacang menjadi sarapan bagi tentara Inggris.

Rusia

ransum-rusia

Jika ransum Indonesia wajib dengan nasi, untuk negara yang satu ini hanya menggunakan kraker. Semua ransum di Rusia dalam bentuk kalengan yang dilengkapi dengan pembuka kaleng. Selain kraker dan makanan kaleng, isinya lainnya seperti multivitamin, minuman serbuk, selai, teh, kompor dan tisu. Makanan wajib yang selalu ada dalam ransum di Rusia yaitu daging.

Amerika Serikat

ransum-amerika

Ransum di Amerika Serikat atau disebut juga dengan MRE (meal ready to eat) dikemas dengan plastik khusus, anti air, anti rusak dan ringan. MRE dibuat oleh The Wornick Company. Untuk isinya sendiri tidak jauh beda dengan ransum pada umumya. Cuman yang berbeda, pasti tidak ada nasi, jika pun ada, sangat jarang. Setiap pack MRE, dilabeli menurut kebutuhan individu masing-masing tentara seperti MRE vegetarian, Halal, Kosher, dan lainnya.

Kanada

ransum-kanada

Kanada menggunakan ransum yang dinamakan IMP (Individual Meal Pack) yang diperkenalkan pada tahu 1981. Sebagian IMP dibuat juga oleh pembuat MRE Amerika Serikat, yaitu The Wornick Company. Kandungan kalori dalam satu set menu IMP sudah melebihi persyaratan NATO, yaitu 1.200 kalori. Masa simpan IMP bisa mencapai tiga tahun dari dua tahun yang disyaratkan oleh NATO. Perbedaan yang mencolok IMP dengan ransum negara lain adalah menunya. Setiap tahun, menu IMP selalu berubah-ubah.

Baca juga : Rami, Tumbuhan Asli Indonesia Yang Paling Dicari Oleh NATO

Jerman

ransum-jerman

Ransum di Jerman yang disebut Epa (EimannPackung) ini hampir mirip dengan ransum Amerika Serikat. Hanya pengemasannya saja, jika Amerika Serikat menggunakan plastik, Jerman Menggunakan tin foil. Tiap kemasan berisi dua paket untuk dua kali makan. Untuk isinya tidak jauh beda seperti daging, roti, multivitamin dan biskuit. Uniknya, Epa memiliki banyak jenis selai yang dimasukkan seperti selai rasa sosis, keju, keju dengan merica, apricot, anggur dan stroberi.

Perancis

RCIR (Ration de Combat Individuelle Rechauffable) atau ransum tempur individu yang dapat dipanaskan ini dimiliki oleh Perancis. Satu kotak besar RCIR, berisi 12 paket yang cukup untuk dimakan satu regu. Satu paket menu RCIR mengandung 3200 kalori yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi prajurit dalam satu hari penuh. Untuk isinya sendiri, satu paket RCIR berisi 14 menu. Pada gambar, untuk makanan No. 1-7 berisi makanan tanpa babi, sedangkan no. 8-14 mengandung olahan babi.

ransum-perancis

RCIR ini merupakan yang termewah yang pernah ada. Sebelum tahun 1990, dalam paketannya dimasukkan pula sebotol kecil anggur merah (wine).

Baca juga : 9 Rekor Dunia Seputar Perang Sepanjang Sejarah

Australia

ransum-australia

Kemasan untuk ransum tentara Australia ini bisa dibilang mini daripada ransum negara yang lain. Isinya sendiri berupa Vegemite, biskuit isi selai dan satu botol susu kental manis. Makanan utama ransum ini adalah bola daging dan pasta tuna chili yang dilengkapi dengan keju cheddar fonterra. Banyak tersedia cemilan seperti permen, coklat dan softdrink di ransum yang satu ini.

Tags: EMR EPA IMP NATO Ransum RCIR

author
Author: 

Related Post "Ransum Dari Berbagai Belahan Dunia, Indonesia Punya Gudeg"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga

Leave a reply "Ransum Dari Berbagai Belahan Dunia, Indonesia Punya Gudeg"