Rami, Tumbuhan Asli Indonesia Yang Paling Dicari Oleh NATO

Dunia sudah tahu jika Indonesia merupakan tempat yang kaya akan kekayaan alamnya. Mulai dari hasil tambang, beragam spesies hewan dan tumbuhan pun ikut memenuhi bangsa kita ini. Dari Sekian banyaknya tumbuhan yang ada, ada satu tumbuhan yang paling dicari oleh NATO, yaitu tumbuhan rami.

Tumbuhan Rami

Tumbuhan Rami

NATO (North Atlantic Treaty Organization) merupakan sebuah organisasi keamanan internasional yang didirikan pada tahun 1949 di Washington DC. Organisasi ini mempunyai tujuan untuk menjaga keamanan wilayah Atlantik Utara dan tentu saja masih dalam naungan PBB.

Bendera NATO

Bendera NATO

Lalu apa itu tumbuhan rami? Rami merupakan tumbuhan asli Indonesia dengan bentuk seperti tanaman herba yang berumpun banyak. Nama latinnya yaitu Boehmeria Nevia. Rami memiliki serat yang tergolong kuat, panjang, dan baik untuk bahan baku tekstil karena memiliki struktur yang mirip dengan kapas.

Baca juga : Itinerario, Buku Penyebab Indonesia Dijajah Selama Berabad-Abad

Batang tanaman rami dipanen setiap dua bulan sekali dan diproses dengan dekortikator sehingga menghasilkan serat kasar. Sebelum dipintal menjadi benang, serat kasar yang masih banyak mengandung getah akan dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu akan ada proses pemutihan dan pelemasan dengan pemberian minyak sehingga nantinya akan menjadi serat yang putih dan halus.

Sejak jaman dahulu saat dijajah, rakyat Indonesia sudah menggunakan pakaian dengan bahan rami ini, yaitu karung goni. Namun pakaian dengan bahan tersebut sudah jarang bisa ditemui saat ini.

Baca juga : Ranking Pendidikan Dunia Tahun 2015, Indonesia Ke Berapa?

Selain berkualitas tinggi, pakaian yang menggunakan tumbuhan rami juga dapat membantu para tentara saat bertugas. Pasalnya, mereka yang menggunakan pakaian ini tidak dapat terdeteksi atau terlacak oleh radar musuh. Di radar, tentara yang menggunakan pakaian berbahan dasar rami terlacak sebagai tumbuhan, bukan manusia.

Baju Tentara NATO

Baju Tentara NATO

Setiap tahunnya, NATO memesan 30 ribu pakaian tentara yang berbahan dasar rami dari Indonesia. Menurut riset peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Pertahanan, selulosa rami merupakan salah satu pokok pembuat bahan peledak dan propelan.

Baca juga : Kisah Pohon Bernama Soekarno di Arab Saudi

Tags: NATO OTAN Rami Tumbuhan Rami

Related Post "Rami, Tumbuhan Asli Indonesia Yang Paling Dicari Oleh NATO"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini
  1. author

    frans sosang1 year agoReply

    apakah tumbuhan rami untuk sekarang ini masih dicari dan dibutuhkan oleh NATO ?

  2. author

    Rika Damayanti1 year agoReply

    Gorgeous plant

Leave a reply "Rami, Tumbuhan Asli Indonesia Yang Paling Dicari Oleh NATO"