Peneliti Temukan Spesies Baru Tikus di Sulawesi Tengah

Tim peneliti asal Indonesia, Australia dan Amerika Serikat berhasil menemukan spesies baru tikus di Sulawesi Tengah. Tikus ini diberi nama Hyorhinomys stuempkei atau tikus berhidung babi. Dinamakan begitu karena moncong hidung tikus tersebut mirip dengan moncong babi.

Tikus Hidung Babi 1

Pertama kali tikus ini ditemukan pada bulan januari tahun 2015 dalam keadaan sehat dengan berat 250 gram . “Kami dalam misi mendata hewan di gunung-gunung terpencil di Sulawesi dengan konteks untuk mengetahui bagaimana evolusi terjadi di Asia dan Australia,” ungkap Rowe yang merupakan kurator mamalia Museum Victoria. Rowe juga mengungkap jika spesies ini belum pernah terdokumentasi sebelumnya.

tikus hidung babi 2

“Jelas sekali lubang hidungnya yang menyerupai hidung babi, sangatlah unik. Namun, Hyorhinomys juga punya muka panjang dan telinga yang lebih besar dibandingkan kebanyakan tikus. Selain itu bentuk gigi bawah hewan ini lebih mirip gigi bawah celurut. Tikus ini juga memiliki rambut kemaluan yang sangat panjang, yang biasa ditemukan pada mamalia Australia lainnya,” Ungkap Rowe dengan penuh kebahagian karena telah berhasil menemukan spesies ini.

Hutan Terpencil di Sulawesi

Hutan Terpencil di Sulawesi

Dalam penemuannya, tim peneliti memerlukan enam minggu untuk mencapai hutan terpencil demi melakukan penelitian. Berikut video perjalanan penilitian tersebut :

Menurut keterangan Rowe, banyak evolusi morfologi yang luar biasa terjadi di Sulawesi. Tahun 2014, Tim Rowe juga pernah menemukan tikus amfibi yang tidak bergigi. Tahun 2013, namun di Maluku, ditemukan juga spesies baru tikus dengan bulu tajam dan ujung ekor yang berwarna putih.

Keragaman hewan yang ada di Indonesia ini membuktikan bahwa Indonesia penuh dengan kekayaan alam yang berlimpah.

Sumber : BBC

Tags: Spesies Baru Spesies Tikus Tikus Hidung Babi

author
Author: 

Related Post "Peneliti Temukan Spesies Baru Tikus di Sulawesi Tengah"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini
6 Makanan Pedas Indonesia Tahun 2017 Paling Viral
Tak terelakkan lagi jika Indonesia sangat terkenal

Leave a reply "Peneliti Temukan Spesies Baru Tikus di Sulawesi Tengah"