Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman

Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga edelweis di Gunung Rinjani beberapa waktu yang lalu? Foto lima pendaki yang terdiri dari 3 perempuan dan 2 laki-laki yang terlihat sumringah ini dilarang untuk mendaki Gunung Rinjani lagi dari semua jalur pendakian. Hal ini tertera di dalam surat ederan yang ditempel di Basecamp Sembalun, Lombok Timur.

Namun siapa sangka, kelima remaja yang memetik bunga edelweis ini akan jadi duta pelestari tanaman. Lima remaja ini bertugas untuk memberikan informasi soal pelestarian edelweis kepada masyarakat.

Menurut Agus, Kepala Taman Nasional Gunung Rinjani, kelima remaja ini memang bersalah karena sudah memetik edelweis di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ada hukuman yang akan menanti mereka mulai dari denda hingga hukuman pidana. Secara aturan memang seperti itu, namun menurutnya ini bukanlah hal yang tepat. Pihaknya akan merangkul dan memberi pemahaman tentang konservasi alam.


Penunjukan duta pelestari tanaman ini adalah kali pertama adanya di Taman Nasional Gunung Rinjani.  Sebelumnya kelima remaja itu mendapat kecaman dari netizen dan menjadi viral karena memetik bunga edelweis di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Kelima remaja itu juga dilarang mendaki Gunung Rinjani lagi lewat jalur pendakian mana pun alias diblacklist. Mereka dianggap melanggar kode etik pecinta alam dan melanggar UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, seperti yang diatur dalam Pasal 33 ayat 3.

Dalam Surat edaran yang diterbitkan pengelola Taman Nasional Gunung Rinjani dijelaskan bahwa setiap orang dilarang untuk melakukan kegiatan yang tak sesuai dengan fungsi zona pemanfaatan dan zona lain dari taman nasional, taman hutan raya dan taman wisata alam. Bagi yang ketahuan memetik tumbuhan (semua jenis tanaman) dan membawa satwa liar di sekitar Gunung Rinjani, maka dapat dikenai hukuman pidana selama 1 tahun dan denda paling banyak Rp 50 juta.

Kedepannya, mudah-mudahan hal seperti ini tidak akan terjadi lagi. Jaga dan lestarikanlah keindahan alam disekitar anda semua.

Tags: Duta Pelestari Tanaman Edelweis Gunung Rinjani

Related Post "Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017
Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang
8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal
Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu
Inilah Harga Kencan Dengan Putri Donald Trump
Siapa yang tak kenal dengan Donald Trump.

Leave a reply "Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman"