Multivitamin, Kenali Tubuh Anda Sebelum Mengkonsumsinya

Entah di media elektronik, media cetak ataupun dari mulut ke mulut, tidak sedikit yang menyatakan jika multivitamin dapat membangkitkan energi, memperbaiki performa, menjaga tubuh dari sakit, dan mengurangi kerutan di wajah. Yang jadi pertanyaan, apaka itu semua benar? Sebenarnya, perlukah kita untuk mengkonsumsinya?

Memang benar adanya jika multivitamin mempunyai peran dalam menjaga kondisi tubuh kita, namun perannya sendiri adalah sebagai pendukung, penambah atau supplementĀ untuk nutrisi yang kurang. Ingatlah bahwa vitamin bukanlah sebagai pengganti makanan, namun hanya sebagai penambah saja.

Saat makanan yang kita konsumsi kurang dan tidak memenuhi nutrisi esensial yang kita butuhkan seerti kalsium, kalium, vitamin D vitamin B12 dan berbagai vitamin lainnya, anda boleh mengkonsumsi multivitamin. Multivitamin ini bisa anda konsumsi untuk mengurangi resiko anda terkena beberapa kondisi penyakit.

Ada beberapa tips sebelum anda memutuskan, apakah anda memerlukan multivitamin atau tidak.

  1. Ingat untuk membeli makanan yang bergizi dan penuh nutrisi yang bervariasi dari sayuran dan buah berwarna hingga susu dan daging.
  2. Catatlah makanan yang anda konsumsi, coba ingat jenis sayuran apa yang sudah anda konsumsi, atau ingatlah makanan apa saja yang anda konsumsi hari ini? Nah, dengan mencatat makanan anda sehari – hari, anda bisa menentukan apakah anda membutuhkan butrisi tambahan atau tidak.
  3. Saat anda merasa kurang nutrisi, cobalah konsumsi multivitamin untuk sehari – hari. Ingat saat membeli multivitamin, lihatlah terlebih dahulu dosis serta disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam sehari.
  4. Apakah anda suka mengkonsumsi makanan siap saji? Apabila makanan anda biasanya terdiri dari makanan atau minuman manis, kentang goreng, ataupun burger, mengkonsumsi multivitamin bukanlah jawaban yang tepat untuk anda. Hal pertama yang perlu anda lakukan, rubahlah terlebih dahulu jenis makanan yang anda konsumsi.
  5. Banyak lansia dan anak – anak yang tidak mendapatkan kalsium dan vitamin D yang cukup. Tingkatkan konsumsi buah, sayur, susu dan daging. Anda juga bisa mengkonsumsi multivitamin yang mengandung kalsium dan vitamin D.

Nah, dari paparan itu semua, yang jadi pertanyaan adalah sebenarnya siapa saja sih yang membutuhkan vitamin?

  1. Wanita menyusui dan wanita hamil
  2. Vegetarian
  3. Orang – orang yang diet rendah kalori
  4. Orang – orang yang menderita beberapa jenis penyakit seperti kanker
  5. Orang – orang yang memiliki alergi makanan
  6. Orang – orang yang suka memilah – milih makanan
  7. Orang – orang yang mengkonsumsi beberapa jenis obat – obatan

Vitamin dan mineral bisa membantu dalam menambah nutrisi yang kurang dalam diet yang kita lakukan, namun ingat bahwa tetap usahakan mendapatkan nutrisi dari berbagai sumber makanan menu sehari – hari anda dengan nutrisi yang seimbang.

Tags: Gaya Hidup Kesehatan Multivitamin

Related Post "Multivitamin, Kenali Tubuh Anda Sebelum Mengkonsumsinya"

Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan
6 Ritual Pacaran Paling Unik Di Dunia
Setiap masyarakat di dunia mempunyai tradisi budaya

Leave a reply "Multivitamin, Kenali Tubuh Anda Sebelum Mengkonsumsinya"