Mengenal Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang ditakuti, baik oleh wanita atau pun pria. Selain membuat wajah terlihat kusam, bekas luka jerawat yang cukup dalam terkadang juga susah dihilangkan. Alhasil, kulit wajah pun akhirnya menjadi terasa lebih kasar. Mungkin anda┬ásudah cukup bosan dengan jerawat yang timbul di tempat – tempat tertentu yang tentunya sangat mengganggu. Apakah ada alasan timbulnya jerawat ditempat-tempat tersebut? Yuk, mari mengenal penyebab jerawat berdasarkan letak munculnya di wajah Anda.

letak jerawat

1 dan 2 : Alat Pencernaan

Kurangi makan makanan olahan atau junk food, karena jerawat yang muncul di sekitar dahi bisa disebabkan konsumsi lemak yang berlebihan. Untuk mengatasinya dari dalam, Anda perlu memperbanyak minum air dan makan makanan sehat.

3 : Hati

Kurangi konsumsi alkohol, makanan berminyak dan susu. Ini adalah zona di mana alergi makanan menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Untuk mengatasinya, rajinlah berolahraga ringan, seperti jalan kaki, 30 menit setiap hari, serta tidur yang cukup, sehingga hati Anda dapat beristirahat dengan baik.

4 dan 5 : Ginjal

Apa pun yang muncul di sekitar mata (termasuk lingkaran hitam) menunjukkan adanya dehidrasi. Jadi, perbanyak minum air minimal 8-10 gelas sehari.

6 : Jantung

Periksa tekanan darah Anda dan tingkat konsumsi Vitamin B setiap hari. Kurangi makan makanan pedas, daging dan dapatkan udara yang lebih segar. Selain itu, Anda juga perlu menurunkan kadar lemak jahat ke tubuh dengan memperbanyak konsumsi lemak baik, seperti Omega 3 dan 6 yang ditemukan dalam kacang-kacangan, alpukat, ikan dan biji-bijian. Juga, periksalah apakah make up Anda sudah kedaluwarsa atau tidak.

7 dan 8 : Ginjal

Sekali lagi, perbanyak minum air! Dan kurangi konsumsi minuman soda, kopi dan alkohol, karena itu bisa memperburuk tingkat dehidrasi.

9 dan 10 : Sistem pernapasan

Apakah Anda merokok ? Memiliki alergi? Karena dua hal itu bisa memicu timbulnya jerawat di daerah tersebut. Jika Anda tidak memiliki masalah dengan itu, jangan biarkan tubuh Anda menjadi terlalu panas, perbanyak makan makanan yang bersifat dingin (melon, mentimun, semangka), mengurangi asupan gula dan menghirup udara yang segar. Juga, cobalah untuk menghindari makanan yang dapat membuat tubuh jadi asam (daging, susu, alkohol, kafein, gula). Mulai menambahkan lebih banyak makanan sehat seperti sayuran hijau dan jus segar.

11 dan 12 : Hormon

Ini adalah zona untuk stres dan perubahan hormonal. Masalahnya, keduanya kadang-kadang tidak dapat dihindari, terutama bagi wanita yang mengalami siklus menstruasi. Namun, Anda dapat mengurangi efeknya dengan mendapatkan cukup tidur, minum banyak air, makan sayuran berdaun hijau dan menjaga kebersihan kulit.

13 : Perut

Perbanyak asupan serat, kurangi kelebihan toksin dan minum teh herbal untuk membantu memperlancar pencernaan. Sebab, zona ini menandakan bahwa Anda memiliki masalah dengan perut atau pencernaan.

14 : Penyakit

Jerawat yang muncul di zona ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda sedang melawan bakteri untuk menghindari penyakit. Ada pun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini, seperti beristirahat yang cukup, mencoba bermeditasi, tidur siang, latihan menarik napas dalam-dalam, dan minum banyak air.

Ini merupakan beberapa penyebab jerawat yang dilihat dari letak munculnya di wajah Anda. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa mencari tahu solusi tepat untuk mengobatinya.

Tags: Letak Jerawat Penyebab Jerawat

Related Post "Mengenal Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya"

6 Ritual Pacaran Paling Unik Di Dunia
Setiap masyarakat di dunia mempunyai tradisi budaya

Leave a reply "Mengenal Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya"