Lovejoy, Komet yang Semburkan Alkohol di Luar Angkasa

Menilik benda-benda atau kehidupan luar angkasa memang selalu menarik untuk diperhatikan. Rasa ingin tahu manusia yang begitu besar menjadi penunjang para peneliti terhadap ketertarikan mereka pada benda misterius di luar angkasa.

Komet Lovejoy

Pada tahun 2014, sebuah komet berhasil ditemukan pertama kalinya dengan nama Lovejoy. Komet dengan kode C/2014 Q2 ini ditemukan oleh seorang astronomi amatir dari Australia yang bernama Terry Lovejoy. Komet Lovejoy ini juga dikenal dengan ciri khasnya yang berwarna hijau yang disebabkan oleh emisi dari karbon diatomik (C2).

Selain itu, komet lovejoy juga diketahui mengandung etanol atau sejenis gula yang bernama glikoaldehida, senyawa seperti alkohol yang biasanya ditemukan pada minuman beralkohol. Selama mengorbit, komet lovejoy menyemburkan alkohol tersebut di luar angkasa.

Menurut Nicolas Biver, seorang peneliti dari Paris Observatory, “Kami menemukan bahwa komet lovejot ini mengeluarkan alkohol setidaknya setara dengan 500 botol anggur tiap detiknya saat mencapai aktivitas.”

Para peneliti juga menemukan 21 molekul organik dalam gas komet tersebut seperti etil alkohol, glikoaldehida, serta gula sederhana. Komet Lovejoy ini juga menjadi penemuan pertama di mana etil alkohol dan gula ditemukan di dalam sebuah komet. Berkat temuan tersebut, hipotesis tentang komet menjadi salah satu pembawa molekul-molekul organik penting yang mendukung awal mula munculnya kehidupan di bumi menguat.

“Ketika 3,8 miliar tahun lalu, begitu banyak komet dan asteroid yang menabrak bumi. Setelah itu, munculah lautan pertama. Namun, kehidupan di bumi tidak mungkin bisa ada hanya dengan molekul sederhana seperti air, karbon monoksida, dan nitrogen. Kami menemukan molekul-molekul dengan beberapa atom karbon, seperti gula dan bahan organik kompleks lainnya,” ucap¬†Stefanie Mila, peneliti dari Goddard Space Flight Center NASA seperti yang dilansir CNN.

Tags: Komet C/2014 Q2 Komet Lovejoy

author
Author: 

Related Post "Lovejoy, Komet yang Semburkan Alkohol di Luar Angkasa"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
Fakta Hebat Ibu Tien, Istri Pak Harto yang Mulai Terlupakan
Masih ingatkah anda dengan nama Siti Hartinah?

Leave a reply "Lovejoy, Komet yang Semburkan Alkohol di Luar Angkasa"