Lakukan 6 Tips Mudah ini Agar Aman Saat Rafting

Jika anda ingin petualangan seru dan memacu adrenalin, anda dapat melakukan rafting atau arum jeram. Tentu tidak asing bagi anda mendengar kata ini. Indonesia yang masih alami ini tentu punya banyak tempat yang bisa digunakan untuk rafting, bahkan banyak yang belum terjamah karena medan yang dilalui cukup sulit.

Namun anda jangan khawatir dengan hal tersebut, banyak penyedia kegiatan outdoor yang bisa anda temukan dengan mudah dengan mencarinya sendiri di internet atau teman.

Rafting

Rafting sendiri adalah olahraga sekaligus permainan menyusuri sungai yang memiliki arus yang deras. Setiap tim terdiri dari 5-6 orang dengan menaiki perahu karet. Olahraga ini cukup berbahaya bagi anda yang kurang persiapan.  Jika anda mengikuti prosedur keselamatan dengan baik dan benar serta mempertimbangkan setiap persiapan dengan matang, anda dapat terhindar dari bahaya pada saat melakukan olahraga yang satu ini. Berikut enam tips yang dapat anda lakukan sebelum rafting :

1. Persiapan Diri

Untuk mengikuti rafting, Anda harus dalam keadaan prima. Pastikan Anda dalam keadaan sehat bugar dan tidak ada riwayat penyakit yang rawan untuk berkegiatan outdoor. Hal ini karena arung jeram adalah olahraga yang menguras banyak tenaga. Anda harus menjaga diri tetap di atas perahu dan mendayung hingga akhir permainan. Selain itu, siapkan nyali Anda. Yakinkan diri bahwa Anda bisa menerima tantangan ini. Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa berenang karena ada instruktur dan pelampung yang akan menjaga agar Anda tetap berada di permukaan air.

Baca juga : Negara Ini Akan Wajibkan Berpoligami

2. Ikuti Instruksi dengan Baik

Sebelum rafting, Anda akan dibekali materi sekilas tentang kegiatan tersebut. Anda harus memperhatikan dengan baik karena ini menyangkut keselamatan bersama, tidak hanya diri anda sendiri. Instruktur akan menjelaskan semuanya. Mulai dari peralatan, seperti fungsi helm, pelampung, dayung, dan perahu karet. Pastikan Anda menyimak dengan cara memakai semua peralatan tersebut.Selain itu, Anda akan diajari bagaimana caranya mendayung. Anda juga akan dibekali instruksi lapangan untuk menyeimbangkan perahu, seperti pindah ke kanan dan ke kiri. Ada juga instruksi untuk merunduk seperti “boom”. Maksudnya adalah Anda harus meringkuk dalam perahu supaya tidak terlempar jatuh ke sungai. Jika Anda terlempar, Anda akan diinstruksikan agar tidak panik dan menunggu bantuan datang.

Baca juga : 12 Tragedi Kematian Massal pada Ritual Keagamaan

3. Pakaian

Gunakan pakaian yang sulit menyerap air. Hal itu karena air yang terserap pakaian akan membuat Anda kedinginan. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan alas kaki. Paling nyaman adalah menggunakan sandal gunung. Anda perlu memakainya karena jika Anda terjatuh, kaki Anda tidak akan terluka oleh batu-batuan di bawah air. Sebaiknya anda juga tidak perlu membawa hal-hal yang tidak perlu dibawa, kecuali memang tahan terhadap air seperti telepon selular, kamera, tas, dan jaket.

Baca juga : Ini yang Terjadi Jika Menggunakan Steroid Sembarangan

4. Perlengkapan

Cek semua perlengkapan dengan baik yang disediakan oleh penyedia outdoor sebelum rafting. Pilih dan pakailah helm dan pelampung sesuai dengan ukuran Anda. Untuk helm, pilih ukuran yang pas dengan kepala Anda. Caranya dengan memastikan bahwa tali berada di bawah dagu, tidak menyeberang dagu. Atur kekencangannya jangan sampai terlalu mencekik leher Anda, tetapi juga cukup aman agar tidak terlepas. Untuk pelampung, pastikan ukurannya sesuai dengan badan Anda. Agar lebih aman, kencangkan tali sesuai dengan instruksi yang telah diberikan. Anda juga akan dibekali dengan dayung. Pastikan dayung dalam keadaan baik dan dapat digunakan.

Baca juga : Olahraga Ini Bikin Kamu Tambah Mesra dengan Pasangan

5. Pemanasan

Pemanasan adalah hal yang wajib diperlukan ketika akan melakukan bentuk olahraga apapun. Pemanasan dapat dilakukan dengan sederhana dimulai dari kepala, tangan, hingga kaki. Pemanasan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kram dan cidera saat rafting. Selain itu, pastikan bahwa pemanasan dilakukan secara bersama-sama dan semua orang turut serta agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Ingin Gaji 12 Juta Perbulan? Lakukan Pelayanan Ini

6. Berdoa

Dari semua tips, berdoa adalah hal yang paling wajib dilakukan sebelum rafting. Tidak hanya rafting, namun semua kegiatan harus diawali dengan doa. Sebelum rafting , jangan lupa berdoa agar senantiasa diberikan keselamatan selama mengarungi derasnya arus sungai.

Baca juga : Demi Cinta, Pria Ini Rela Membelah Gunung

Tags: Cara Aman Rafting Tips Arum Jeram Tips Rafting

author
Author: 

Related Post "Lakukan 6 Tips Mudah ini Agar Aman Saat Rafting"

6 Makanan Pedas Indonesia Tahun 2017 Paling Viral
Tak terelakkan lagi jika Indonesia sangat terkenal
Fatal, Asal “KLIK” Seat Belt Membahayakan Hidup Anda
Sabuk pengaman atau yang biasa disebut seat
6 Tempat Wisata Terbaik di Luar Angkasa
Manusia tidak akan pernah puas terhadap apa

Leave a reply "Lakukan 6 Tips Mudah ini Agar Aman Saat Rafting"