Kenal Lebih Dekat Dengan Kentut, Gas Berbau Busuk Manusia

Siapa yang merasa tidak pernah kentut? Tentu anda semua pernah melakukan hal yang satu ini, bahkan bisa dibilang sering. Mungkin bagi sebagian orang, membahas tentang kentut terlihat jorok atau memalukan. Namun tahukah anda darimana kentut berasal? Bagaimana bentuk kentut yang sebenarnya? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang terlihat lucu namun tetap memiliki jawaban ilmiah.

Kentut

Berkat kentut, anda akan memiliki pengalaman yang tak bisa dilupakan dan anda bisa kentut juga menandakan bahwa anda sehat. Misalkan saja anda secara tidak sadar kentut di hadapan banyak orang terutama di depan orang yang anda hormati atau bisa saja saling menyalahkan antar teman tentang siapa yang kentut. Meski sering dihina dan  di cap jorok, ada beberapa fakta yang tak disangka mengenai kentut yang jarang anda ketahui. Berikut ada beberapa ulasan pertanyaan yang akan mewakili rasa penasaran anda tentang kentut.

1. Darimanakah kentut berasal?

Kentut berasal dari gas di dalam usus. Gas ini merupakan udara yang kita telan melalui mulut atau hidung. Ada juga yang melalui melalui pori-pori dan masuk ke dalam tubuh, dari reaksi kimia dan gas hasil dari bakteri di dalam perut.

2. Apa saja komposisi kentut?

Tidak hanyak makanan yang bervariasi, komposisi kentut juga sangat bervariasi. Udara di sekitar anda tak hanyak oksigen, banyak unsur yang ada di udara termasuk nitrogen. Semakin banyak anda menelan udara, semakin banyak kadar nitrogen di dalam kentut. Adanya bakteria dan reaksi kimia antara asam di dalam lambung dan cairan usus menghasilkan karbondioksida.

Bakteria ini juga menghasilkan metana dan hidrogen. Proporsi masing-masing gas yang dihasilkan di dalam perut tergantung apa yang anda makan, jumlah udara yang anda telan, dan berapa lama anda menahan kentut. Semakin lama anda menahan kentut, semakin banyak kadar nitrogen di dalam kentut.

3. Kenapa kentut berbau busuk?

Inilah yang menyebabkan kentut sangat memalukan jika di lakukan di hadapan banyak orang. Kentut berbau busuk karena mengandung hidrogen sulfida dan merkaptan. Kedua senyawa ini mengandung sulfur (belerang). Semakin banyak kandungan sulfur di dalam makanan anda, maka semakin busuk bau kentut anda. Telur atau daging mempunyai peran yang besar bagi kentut anda yang sangat bau.

4. Kenapa kentut menimbulkan bunyi?

Cara kerjanya hampir sama dengan terompet buatan manusia. Kentut menimbulkan bunyi karena adanya vibrasi lubang anus pada saat kentut di keluarkan. Keras atau tidaknya bunyi suatu kentut tergantung ketahanan anda dalam menahannya.

5. Kentut yang berbau busuk rata-rata tidak bersuara dan hangat, kenapa?

Memang terlihat jorok, namun jika anda tidak percaya, cobalah sendiri saat anda sendirian dan rasakan kehangatan kentut anda. Salah satu sumber kentut yaitu bakteri yang ada di dalam tubuh. Proses fermentasi bakteri dan pencernaan di dalam tubuh juga menghasilkan panas dan hasil sampingannya yaitu gas busuk. Meskipun volumenya kecil, namun kentut yang seperti ini sangat berbahaya.

6. Berapa banyak manusia mengeluarkan kentut dalam sehari?

Rata-rata, anda akan memproduksi setengah liter kentut dalam sehari dan ini bisa dikeluarkan selama 14 kali kentutan. Jika anda sering makan kacang-kacangan, maka volume kentut anda akan semakin banyak. Ini terjadi karena zat gula di dalam kacang-kacangan sulit dicerna oleh tubuh.

7. Apakah benar jika pria lebih sering kentut daripada wanita?

Kentut tidak memandang pria atau wanita, semuanya sama saja. Apabila berbeda, apakah anda sebagai seorang wanita akan menerima hal ini? Tentu tidak, karena selama ini anda memperjuangkan yang namanya kesetaraan gender.

8. Bisakah kentut dijadikan alternatif bahan bakar gas?

Tentu tidak, meskipun kentut mengandung hidrogen yang combustible seperti gas alam, tetap tidak bisa dijadikan alternatif bahan bakar. Jika pun bisa, nyala api yang dihasilkan akan berwarna biru karena memiliki kandungan hidrogen.

Mungkin itu saja yang bisa kita telaah tentang kentut. Jika ada tambahan, silahkan berkomentar.

Tags: Asal Usul Kentut Kentut

author
Author: 

Related Post "Kenal Lebih Dekat Dengan Kentut, Gas Berbau Busuk Manusia"

Ketika Mesin di Manusiakan dan Manusia di Mesinkan
Sedih, terkejut, marah atau eskpresi apapun yang
Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Bayi Tabung Tak Sesuai, Dokter Ini Dituntut Rp 35 Milyar
Presentase keberhasilan dalam setiap hal yang dilakukan
Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan

Leave a reply "Kenal Lebih Dekat Dengan Kentut, Gas Berbau Busuk Manusia"