Keblak, Mahluk Mistis Paling Melagenda Asli Indonesia

Indonesia yang mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika memang bukanlah isapan jempol belaka. Terdiri dari berbagai macam suku, budaya, ras dan agama yang tersebar di seluruh pulau-kepulauan memang mempunyai keindahan yang tersendiri. Begitu banyaknya kepercayaan berbau mistik dan juga spiritual memang sudah tradisi dari nenek moyang. Di era yang serba digital sampai sekarang pun, masih banyak diantara anda yang percaya dengan benda pusaka dan hewan-hewan yang punya tuah tertentu seperti keblak.

Ilustrasi Keblak

Ilustrasi Keblak

Keblak atau disebagian tempat disebut keblek merupakan sebutan bagi burung yang dipercaya sebagai mahluk jadi-jadian. Legenda yang satu ini cukup tersohor dikalangan masyarakat Jawa. Beberapa orang percaya jika kehadiran burung keblak ini merupakan pertanda akan ada orang di sekitar kita yang akan meninggal dunia.

Bukan berarti burung tersebut adalah jelmaan dari malaikat pencabut nyawa. Sebagian orang percaya jika burung tersebut hanya menyampaikan kabar. Namun kepercayaan tersebut harusnya tidak dipertahankan. Yang mengetahui misteri hidup matinya mahluk hidup adalah sang pencipta.

Meskipun gaib, kehadiran keblek diyakini masyarakat memiliki tanda khusus seperti suara-suara khas, kepakan sayap yang berbunyi bleg, bleg, bleg. Suara tersebut juga terdengar seperti langkah kaki yang dihentakkan dengan kuat. Dan dari suara tersebut pula masyarakat kerap menjuluki makhluk tersebut dengan sebutan keblek. Konon, burung keblek akan mengitari rumah di mana orang akan meninggal untuk menyampaikan kabar duka.

Wujud Keblak

Ilustrasi Keblak

Ilustrasi Keblak

Cerita sosok keblek sudah menjadi legenda yang tergambar jelas dalam ornamen beberapa candi di Indonesia. Dalam cerita wayang kuno, sosok Keblak kerap digambarkan sebagai informan terpercaya karena sosoknya yang netral dan tidak terikat dengan makhluk lain. Menurut beberapa sumber, sosok keblek memiliki wujud seperti ayam jago, kalkun, kelelelawar yang memiliki warna hitam pekat yang tingginya mencapai pinggang orang dewasa.

Anehnya, masyarakat memiliki keyakinan yang berbeda atas burung tersebut, ada yang mempercayai burung tersebut adalah siluman dengan wujud yang mengerikan. Sebagian yang lain menganggap mahluk ini adalah sosok garuda gaib, seperti yang tergambar dalam cerita jawa kuno.

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang, sosok keblek sudah mulai jarang diperbincangkan. Namun tak dapat dipungkiri jika legenda Keblak di Indonesia merupakan cerita yang begitu kaya. Begitu kuatnya mitos tersebut hingga keberadaan mahluk yang satu ini diabadikan dalam ornamen di beberapa candi dan pewayangan. Sosok Keblak sudah menjadi bagian dari budaya khas Indonesia. Meski demikian, mengingat makhluk tersebut hanya sosok mistis, ada baiknya kita tidak terlalu fanatik terhadap kisah-kisah tersebut. Menyerahkan kepercayaan hanya pada Tuhan adalah pilihan terbaik.

Tags: Asli Indonesia Keblak Keblek Mahluk Gaib Mahluk Mistis

Related Post "Keblak, Mahluk Mistis Paling Melagenda Asli Indonesia"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Bayi Tabung Tak Sesuai, Dokter Ini Dituntut Rp 35 Milyar
Presentase keberhasilan dalam setiap hal yang dilakukan
Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan
  1. author

    Achmad4 months agoReply

    Keblak kan makanan itu to.? Enak kalo pas panas 😂

Leave a reply "Keblak, Mahluk Mistis Paling Melagenda Asli Indonesia"