Itinerario, Buku Penyebab Indonesia Dijajah Selama Berabad-Abad

Tumpukan kertas yang berisi pengetahuan dan informasi memang tak ternilai harganya. Ya, buku memang jendela dunia yang akan membuka pikiran anda tentang apapun. Rasa lapar akan pengetahuan memang sudah wajar dimiliki manusia. Tak hanya dalam hal pengetahuan, manusia lapar akan segala hal seperti materi dan kekuasaan.

Itinerario

Ketamakan dan keserakahan manusia tersebutlah yang akhirnya membuat antar sesama manusia saling bertikai seperti yang terjadi saat masa penjajahan di Indonesia. Namun siapa sangka, penjajahan tersebut disebabkan oleh sebuah buku yang berjudul Itinerario. Lengkapnya, buku tersebut berjudul “Itinerario Naer Oost Ofte Portugaels Indien” yang dikarang oleh Jan Huygen van Linshoten pada tahun 1595.

Awalnya, Bangsa Eropa tidak tahu menahu tentang wilayah Indonesia yang kaya akan kekayaan alamnya. Mereka mengetahuinya saat bertemu dengan orang-orang Arab yang bercerita tentang sebuah daerah yang kaya dengan alamnya. Kala itu orang Arab memang terkenal sebagai saudagar yang pemberani dalam mengarungi samudera dunia.

Jan Huygen van Linshoten

Bangsa Eropa mulai tertarik terhadap daerah yang diceritakan tersebut dan berlomba-lomba untuk mencapai daerah yang dimaksud. Portugis dan Spanyol merupakan dua negara pertama yang mencapai daerah di Indonesia yaitu Maluku. Mereka kembali ke Eropa dengan membawa rempah-rempah yang berlimpah dan hal ini membuat seluruh Eropa gempar.

Semakin hari, banyak kapal-kapal yang mengarungi samudera. Namun karena jalur lautnya masih sangat baru dan belum adanya peta yang begitu detail. Mereka kesulitan untuk mencapai Indonesia, bahkan untuk Portugis dan Spanyol yang sudah pernah tiba di Indonesia.

Diantara bangsa Eropa tersebut, Portugislah yang lebih unggul karena mereka berhasil memetakan jalur laut menuju Asia Tenggara dan tentu saja ini sangat dirahasiakan pada negara Eropa yang lain. Meskipun sudah sangat dijaga, informasi tersebut tetap bocor. Orang-orang Belanda yang telah bekerja lama pada pelaut-pelaut Portugis mengetahui hal tersebut. Salah satunya yaitu Jan Huygen van Linschoten yang menerbitkan buku “Itinerario Naer Oost Ofte Portugaels Indien” (Pedoman Perjalanan ke Timur atau Hindia Portugis). Buku ini berisi tentang berbagai peta dan deskripsinya secara terperinci, jalur pelayaran, dan segala permasalahan yang nantinya bisa dihadapi jika berlayar.

Itinerario 2

Berkat buku tersebut, orang Belanda memperbaiki segala hal yang perlu diperbaiki sebelum pelayaran. Kemudian pada tahun 1595, ekspedisi pertama orang Belanda ke Indonesia yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman berhasil mencapai Indonesia. Gayanya yang arogan menyebabkan Cornelis harus kehilangan beberapa kapalnya. Pada saat kembali ke Eropa pada tahun 1957, Tiga kapalnya yang tersisa berisi penuh dengan rempah-rempah.

“Jika Cornelis saja yang tidak pintar memimpin mendapatkan sebegitu banyaknya, apalagi kita”. Itulah yang ada d pikiran orang belanda saat itu. Mereka mulai berbondong-bondong ke Indonesia dengan armada laut yang dipimpin orang yang lebih handal. Perdamaian yang selalu menyelimuti rakyat Indonesia kala itu, semua mulai berubah saat Belanda menjajah dan akhirnya baru merdeka pada tahun 1945.

Itulah kisah singkat awal mulanya Indonesia. Meski kelam, jangan pernah lupakan tentang sejarah. Hal tersebut bisa menambah kecintaan kita terhadap Indonesia. Bukan lagi masalah apa yang negara ini bisa lakukan untuk kita, tapi apa yang bisa kita lakukan untuk Indonesia.

Tags: Awal Dijajah Itinerario Sejarah Indonesia

author
Author: 

Related Post "Itinerario, Buku Penyebab Indonesia Dijajah Selama Berabad-Abad"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
Fakta Hebat Ibu Tien, Istri Pak Harto yang Mulai Terlupakan
Masih ingatkah anda dengan nama Siti Hartinah?
  1. author

    Aulia2 years agoReply

    Buku itu dicetak 1955. Artinya buku itu ada jauh 3,5abad setelah indonesia dijajah dan merdeka.

    Bukn buku itu yg jdi sbb indo dijajah

    • author

      Sikerok (Author)2 years agoReply

      Maaf kesalahan penulisan 😀

Leave a reply "Itinerario, Buku Penyebab Indonesia Dijajah Selama Berabad-Abad"