Inilah Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Setiap orang tentu saja pernah mengalami yang namanya menangis dan tanpa mengenal usia sekalipun entah itu anak-anak maupun orang dewasa. Ketika orang menangis, pasti ditandai dengan mata memerah, air mata hingga bengkak.

Wanita Menangis

Diantara orang yang menangis, banyak yang mengaku merasa lebih baik setelah menangis. Entah itu menangis karena sedih setelah putus dengan pasangan atau karena frustasi terhadap masalah yang dihadapi. Menangis membantu melepaskan energi negatif dan merupakan cara alami tubuh untuk mengatasi perasaan yang tidak diinginkan seperti tertekan atau rasa takut.

Baca juga : Inilah Penyebab Wanita Sering Menangis

Dari Hasil peneitian diketahui bahwa menangis ternyata mempunyai banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut ulasannya :

1. Membantu penglihatan

Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang. Air mata yang keluar ketika menangis tersebut mampu menyehatkan mata meskipun ketika menangis selalu ditandai dengan mata memerah ataupun bengkak. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri

Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95% bakteri dan mencegah kuman masuk dalam tubuh.

Bacca juga : Olahraga Ini Bikin Kamu Tambah Mesra dengan Pasangan

3. Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa memperbaiki moodnya. Mood seseorang akan kembali seiring dengan luapan emosi yang dikeluarkan. Air mata yang keluar ketika menangis akan mengeluarkan hormon endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin yang terdapat dalam tubuh yang berfungsi untuk menurunkan stress.

4. Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mempererat Silaturrahmi

Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang dalam membangun hubungan dengan orang lain. Terkadang ada orang yang menangis pada orang lain, biasanya seseorang yang menangis seperti ini akan menceritakan masalahnya pada orang lain atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

Baca juga : Lima Cara Mudah Mendapatkan Tubuh Langsing Permanen

Perlu diingat, terlalu sering menangis juga tidak baik bagi kesehatan, karena itu merupakan pertanda bahwa anda mengalami sebuah kondisi yang tidak baik seperti depresi atau stress yang berlebihan.

Baca juga : Delapan Tanda Anda di Bawah Tekanan yang Berlebihan

Tags: Manfaat Menangis

author
Author: 

Related Post "Inilah Manfaat Menangis Bagi Kesehatan"

Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan
Inilah Alasan Kenapa Anda Tidak Boleh Isi BBM Sampai Penuh
Bahan bakar minyak atau yang biasa disebut
Aneh, Wanita Ini Tiba-Tiba Melahirkan Tanpa Tahu Jika Hamil
Sebuah keluarga akan terasa lengkap jika memiliki
Ibu Ini Sering Minum Miras Saat Hamil, Anak Alami Cacat Otak
Apa jadinya jika seorang ibu melakukan suatu

Leave a reply "Inilah Manfaat Menangis Bagi Kesehatan"