Inilah Cara Kerja Balon Internet Google

Akhir-akhir ini para pengguna internet tanah air dikejutkan dengan balon internet yang berfungsi sebagai pemancar jaringan internet. Balon ini diciptakan oleh Google melalui Project Loon. Balon ciptaan Google ini tidak seperti balon pada umumnya yang cepat kempes. 

Google Loon

Awalnya, Project Loon ini sudah ada pada tahun 2011 yang dikerjakan divisi Google X, namun baru resmi diumumkan secara publik pada Juni 2013. Project Loon mempunyai tujuan untuk membantu menyebarkan koneksi internet pada dua pertiga populasi dunia.

Balon internet Google terbuat dari lembaran plastik polyethylene yang ringan, fleksibel dan juga kuat. Balon ini memiliki lebar 15 meter dan tinggi 12 meter jika digembungkan. Balon internet Google bisa bertahan selama 187 hari di udara, tepatnya di lapisan atmosfer kedua dari bumi, stratosfer.

Gambar 2

Di letakkannya balon internet Google di stratosfer karena angin disana sifatnya berlapis-lapis. Dimana tiap lapisan mempunyai variasi kecepatan dan arah yang berbeda. Dengan begitu, balon tersebut diharapkan dapat mengarahkan koneksi internet pada antena di darat yang terpasang smarphone atau antena yang sudah mendukung koneksi 4G LTE.

gambar 3

Dengan memanfaatkan angin tersebut, Google mengklaim bahwa balonnya dapat terbang diatas kondisi cuaca Bumi dan aktivitas pesawat terbang. Klaim Google ini memang benar, karena cuaca Bumi seperti adanya awan hujan dan aktivitas pesawat ada di lapisan atmosfer yang pertama, yaitu Troposfer.

Gambar 1

Balon internet Google dilengkapi dengan panel surya sebagai pengisi energinya. Dengan berada di stratosfer, balon ini tidak akan terhalang awan selama beroperasi. Selain itu, terdapat juga dua radio transceiver untuk menerima dan mengirim daya dengan speftrum 900 MHz dan kecepatan internet 15 mbps, termasuk untuk memback-upnya. Ada juga sistem kendali untuk menggerakkan balon turun dan naik.

Gambar 4

Setelah 187 hari, balon internet Google akan di bawa kembali ke Bumi. Adanya GPS pendeteksi yang terpasang pada balon ini akan memudahkan untuk menemukan posisi jatuhnya. Secara teknis, gas di dalam balon akan dilepaskan dari sampul dan parasut yang disematkan berfungsi agar balonnya turun terkendali.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut mengenai Project Loon, berikut paparan dari Mike Cassidy yang meminpin Project Loon Google.

Sumber gambar : CNN

Tags: Balon Internet Google Google Google Loon Project Loon

author
Author: 

Related Post "Inilah Cara Kerja Balon Internet Google"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
Cara Mudah Buka Blokir Telegram, Reddit, Dan Vimeo
Semakin hari, teknologi semakin maju. Hal ini

Leave a reply "Inilah Cara Kerja Balon Internet Google"