“Giant Black Hole” 30 Kali Lebih Besar dari Normal

Peneliti menemukan galaksi baru dan mendeteksi sebuah lubang hitam raksasa di pusat galaksinya. Galaksi tersebut jauh lebih besar dari yang disebut-sebut di berbagai teori. Para peneliti ini adalah astronom dari Universitas Keele dan University of Central Lanchashire, Inggris. Hasil penelitian tersebut akan dipublikasikan dalam Risalah Bulanan Royal Astronomical Society.

Galaksi Baru

Galaksi raksasa yang diberi nama SAGE0536AGN itu ditemukan oleh teleskop antariksa NASA Spitzer. Galaksi itu diduga berusia 9 miliar tahun. Tim peneliti menyatakan, mereka telah mengkonfirmasi lubang hitam berada di pusat galaksi raksasa itu dengan mengukur kecepatan gas yang berpusar di sekeliling lubang hitam.

Para peneliti kemudian menggunakan Southtern African Large Telescope untuk mengumpulkan data guna membantu menentukan ukuran lubang hitam tersebut. Menurut astronom, lubang hitam itu sedang mengarah pada suatu tabrakan besar. Penemuan tersebut juga mematahkan teori tentang bagaimana galaksi bisa mengembang.

Dalam terbitan Royal Astronomical Society, ada data yang menyatakan indikasi ukuran lubang hitam itu 30 kali lebih besar dari yang seharusnya untuk ukuran galaksi yang ia diami.

Seperti yang dilansir CNN, Jacco van Loon seorang astrofisikawan di Universitas Keele dan penulis utama soal galaksi raksasa tersebut menyatakan, “Galaksi memiliki massa yang besar, dan begitu pula lubang hitam pada intinya. Tapi yang satu ini sungguh terlalu besar. Seharusnya tidak begitu.”

Peneliti mengatakan hal tersebut kemungkinan terjadi karena lubang hitam berkembang jauh lebih cepat dari galaksi yang mengelilinginya, atau hanya karena pertumbuhan galaksi itu berhenti secara prematur. Para ilmuwan tak yakin apakah galaksi SAGE0536AGN hanya fenomena berbeda yang kebetulan terjadi, atau apakah mereka telah menemukan galaksi jenis baru. Mereka belum bisa menyimpulkan secara pasti dari penemuan baru tersebut.

Tags: Galaksi Baru Galaksi SAGE0536AGN Lubang Hitam Raksasa

author
Author: 

Related Post "“Giant Black Hole” 30 Kali Lebih Besar dari Normal"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga

Leave a reply "“Giant Black Hole” 30 Kali Lebih Besar dari Normal"