Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan

Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan yang namanya air. Entah itu anda ingin mandi, memasak, ataupun minum, tentu saja dengan air. Sebagai syarat kesehatan dalam tubuh, kita juga dianjurkan untuk minum air 8 gelas sehari. Untuk memenuhinya, banyak dari kita yang membeli air minum kemasan yang pasti ada tanggal kedaluwarsanya. Pasti terlintas di pikiran anda, apakah benar air minum bisa kedaluwarsa?

Air minum tidak akan pernah kedaluwarsa ataupun basi meskipun dalam kemasan. Tanggal kedaluwarsa pada air minum dalam kemasan bukanlah ditujukan pada air minum itu sendiri. Berikut fungsi tanggal kedaluwarsa pada air minum dalam kemasan (AMDK).

1. Aturan Pemerintah

Air Minum Dalam Kemasan atau yang biasa disebut AMDK adalah salah satu produk makanan komsumsi. Karenanya, AMDK harus tunduk pada hukum yang membutuhkan tanggal kedaluwarsa pada semua kemasan bahan komsumsi.

2. Keperluan Pendataan

Tentu anda pernah mendengar ada beberapa produk yang ditarik dari pasar? Hal ini dilakukan biasanya karena ada keperluan atau ada kondisi tertentu yang mendesak pada produk yang mengharuskan produsen menarik produknya baik seluruh maupun sebagian dari pasar. Ketika ini dilakukan, untuk keperluan penarikan, apalagi hanya penarikan sebagian, mereka memerlukan data jangka produksi tertentu saja. Untuk inilah tanggal kedaluwarsa diperlukan.

3. Kemasan Air yang Kedaluwarsa

Air Minum KemasanFungsi paling penting dari tanggal kedaluwarsa air minum dalam kemasan adalah untuk kemasannya. Rata-rata, kemasan air minum terbuat dari polyethylene terephthalate (PETE/PET). Bahan yang satu ini memiliki mekanisme yang kuat, transparan, bersifat tidak beracun dan tidak berpengaruh pada rasa. Meski begitu, yang namanya produk berbahan kimiawi seperti plastik, pasti ada kelemahannya.

Kemasan air minum akan mengalami degradasi atau penurunan kualitas seiring berjalannya waktu setelah di produksi. Rata-rata, kemasan air minum yang berbahan PET lebih dari dua tahun setelah di produksi diragukan rasa dan kualitasnya. Ini dikarenakan PET juga memiliki pori-pori meskipun sangat kecil. Namun hal ini tetap bisa menyerap bau-bauan atau hal lain disekitarnya.

Selain itu, sebagai salah satu bahan kode plastik yang berkode 1, PET juga memiliki sifat karsinogenik yang akan melepaskan zat-zatnya. Hal inilah terkadang kita merasa air minum kemasan masih bening dan segar, namun setelah diminum kesegarannya sudah berubah. Ini sebabnya juga, mengapa anda sangat tidak disarankan untuk mengisi ulang air dalam kemasan dalam jangka waktu yang lama.

Tags: Air Minum Dalam Kemasan AMDK Kedaluwarsa Air Minum

author
Author: 

Related Post "Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
Cara Mudah Buka Blokir Telegram, Reddit, Dan Vimeo
Semakin hari, teknologi semakin maju. Hal ini
Lebih Ganas, Si Wiper Petya 2017 Bukanlah Ransomware
Masih ingatkah anda dengan keganasan WannaCry? Beberapa

Leave a reply "Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan"