Fatal, Asal “KLIK” Seat Belt Membahayakan Hidup Anda

Sabuk pengaman atau yang biasa disebut seat belt menjadi salah satu hal wajib yang harus diperhatikan saat berkendara. Meski fungsinya yaitu untuk menjaga keselamatan saat berkendara, seat belt dapat membahayakan penggunanya saat berkendara. Hal tersebut berlaku jika anda asal “klik”.

Seat Belt 3

Ya, kebanyakan orang setelah memasang seat belt dan berbunyi “klik”, mereka tidak akan memikirkanya kembali apa sudah benar atau tidak dalam pemasangannya. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Bukan keselamatan yang menjadi hal utamanya, namun lebih pada takutnya terkena tilang saat di perjalanan nanti.

Selain itu, rata-rata yang memakai seat belt hanya mereka yang duduk di bagian kursi depan. Meski di kursi bagian belakang sudah disediakan, rata-rata dari mereka tidak menggunakannya.

Seat Belt 4

Pemasangan seat belt sendiri ternyata membutuhkan beberapa ritual khusus seperti mengatur posisi duduk, tegak dan sudah nyaman sesuai tubuh masing-masing. Namun perlu diperhatikan agar tidak melewati batas maksimal agar sabuk pengaman tetap berfungsi dengan baik, seperti tidak duduk dalam posisi 120 derajat.

Seat Belt 1

Saat akan memakai seat belt, posisi badan harus sesuai dengan lingkar sabuk yang akan digunakan, jangan asal menempel di badan saja. Memasang seat belt dengan salah justru akan menimbulkan resiko kematian yang tinggi saat terjadi benturan. Hal ini terlihat dari beberapa kecelakaan yang menewaskan pengendaranya, kebanyakan karena salah pasang sabuk pengamannya.

Seat Belt 2

Pastikan bagian tali dalam kondisi lurus dan tidak ada yang melintir dan longgar. Penggunaan yang benar melintas dari pundak ke dada hingga bagian lingkar pinggul. Pada bagian atas harus diperhatikan tali tidak berada dekat dengan posisi leher, karena yang benar tali berada di pundak. Pada bagian bawah, perhatikan tali harus berada pada bagian pinggul seperti memakai sabuk celana. Jangan sampai ada di bagian perut atau atas pinggul. Kenapa hal ini harus diperhatikan? Jika terjadi benturan, mobil akan mengalami daya tekanan yang tinggi saat itu juga.

Untuk mendapatkan hal maksimal, rawatlah seat belt anda. Tak asal menarik saat digunakan. Jangan sampai benda tersebut nantinya cepat melar, sobek, kaitannya karat, bahkan sampai lepas dari tempatnya.

Perhatikanlah keselamatan anda sendiri saat berkendara. Jangan pernah meremehkan fungsi seat belt. Mau melakukan perjalanan jauh atau dekat, selalu pastikan agar anda menggunakannya dengan baik dan benar.

Tags: Sabuk Pengaman Seat Belt

author
Author: 

Related Post "Fatal, Asal “KLIK” Seat Belt Membahayakan Hidup Anda"

6 Makanan Pedas Indonesia Tahun 2017 Paling Viral
Tak terelakkan lagi jika Indonesia sangat terkenal
Cara Mudah Buka Blokir Telegram, Reddit, Dan Vimeo
Semakin hari, teknologi semakin maju. Hal ini
Hanya Daftar, Langsung Dapat 1 USD (Khusus Pengguna Paypal)
Disini saya akan membagikan cara mendapatkan $1

Leave a reply "Fatal, Asal “KLIK” Seat Belt Membahayakan Hidup Anda"