Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia

Enny Arrow, nama ini pernah populer di era 1970-1980an. Enny Arrow bukanlah nama orang sebenarnya, melainkan hanya sebuah nama pena yang tertera di sampul buku tipis yang ngehits di jamannya. Kala itu, buku karangan Enny Arrow menjadi dambaan dan incaran para remaja.

Buku karangannya dijual sembunyi-sembunyi di kios-kios buku bekas, lapak buku kaki lima ataupun tukang koran. Buku ini dijual pada para remaja ataupun para pekerja kantoran yang berkemeja. Mendapati buku yang lagi ngehits dan membuat gejolak mereka naik turun, tentu mereka akan membeli buku karangan Enny.

Novel Enny Arrow

Pada masanya, buku seperti ini memang sangat jarang bisa ditemui. Melihat sampul novelnya, anda sudah bisa membayangkan cerita seperti apa yang ada didalamnya. Sampul buku ini menggunakan gambar perempuan cantik yang berpose sensual. Tak sedikit pula aurat diumbar.

Tentu anda sudah bisa menebak, novel apa ini? Ya, novel karangan Enny Arrow memang diperuntukkan untuk orang dewasa. Karakter-karakternya, jalan ceritanya, semuanya merupakan cerita fiksi yang memang diperuntukkan orang dewasa. Bagi para remaja kala itu, mereka harus dengan sigap agar para guru sekolah tidak mengetahui bahwa mereka menyimpan buku ini. Jika ketahuan, berbagai macam hukuman bisa mereka dapatkan.


Namun siapakah pemilik nama pena Enny Arrow yang sesungguhnya? Tak banyak yang tahu tentang identitas Enny Arrow yang sesungguhnya. Goodreads, situs jaringan sosial katalogisasi menyebutkan jika Enny Arrow terlahir dengan nama Enny Sukaesih Probowidagdo di Desa Hambalang, Bogor, tahun 1924. Ia memulai karir sebagai wartawan pada masa pendudukan Jepang. Belajar steno di Yamataka Agency kemudian menjadi direktur. Ia juga merupakan salah satu propagandis Heiho (Pasukan Pembantu) dan Keibodan (barisan Pembantu Polisi).

Tahun 1965, saat pembantaian besar menumpas PKI dan golongan kiri berlangsung di Indonesia, Enny disebut menulis cerita berjudul “Sendja Merah di Pelabuhan Djakarta”. Inilah karangan pertama Enny yang memakai nama pena Enny Arrow.

Mesin Jahit Arrow

Arrow, nama belakang penanya tersebut di ambil dari nama merek mesin jahit kala itu. Arrow juga adalah nama toko penjahit tempat kerja Enny sebagai penjahit yang terletak di dekat Kalimalang, perbatasan Jakarta Timur dan Bekasi.

Pada tahun 1974, Enny bekerja di salah satu perusahaan asing di Jakarta sebagai penulis naskah. Pada masa-masa inilah Enny disebut menulis puluhan karya novel yang banyak diminati kalangan muda pria.

Tags: Buku Enny Arrow Enny Arrow Novel Enny Arrow

author
Author: 

Related Post "Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini
6 Makanan Pedas Indonesia Tahun 2017 Paling Viral
Tak terelakkan lagi jika Indonesia sangat terkenal

Leave a reply "Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia"