Empat Sanksi Unik Terlambat Masuk Sekolah

Setiap sekolah dalam mendisplinkan siswa dan perangkat sekolah termasuk guru dan yang lainnya tentu mempunyai aturan tersendiri, termasuk dalam penanganan keterlambatan. Siswa yang terlambat tidak hanya masalah waktu yang terbuang, namun juga dapat mengganggu suasana hati guru yang sedang mengajar. Jika seorang guru ingin “marah” pada siswa yang terlambat, mari berkacalah dahulu apakah guru juga sudah bisa tepat waktu atau tidak pernah terlambat sepanjang karinya sebagai seorang guru?

Sanksi Pada Anak

Dengan pemikiran tersebut, tidak hanya siswa, namun ada sekolah yang juga menerapkan sanksi pada guru yang terlambat. Jika sanksi tersebut dinilai edukatif dan baik bagi penerima sanksi, ada baiknya untuk dicontoh. Namun jika tidak jelas dan lebih banyak buruknya seperti membuat siswa menjadi pendendam dan hal lainnya, lebih baik jangan dilakukan. Ada beberapa sekolah yang mempunyai cara unik dalam memberikan sanksi bagi mereka yang terlambat, berikut ulasannya :

1. Wajib Baca 1 Juz Al-Quran

MTs Mawaqiul Ulum di Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus memiliki cara yang unik namun terpuji untuk menegur siswanya yang datang terlambat, dimana mereka akan diajak untuk mengevaluasi diri seraya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mereka yang terlambat akan dikumpulkan menjadi satu kelompok, diberi kitab suci Al-Quran dan masing-masing siswa harus membaca 1 Juz Al-Quran sampai selesai. Dengan Aturan ini, diharapkan hati siswa tersentuh dan mereka yang kurang lancar membaca Al-Qur’an pun menjadi malu, sehingga berusaha belajar memperlancar membaca kitab suci.

2. Wajib Membeli Senter

Dalam menangani siswa yang terlambat dan tidak mengerjakan PR, seorang guru di SMPN 05 Lamparbaru, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang mewajibkan mereka untuk membeli senter. Entah buat apa senter tersebut masih belum juga jelas. Selain itu, sekolah juga mewajibkan siswanya yang berjumlah 700 orang membayar infaq sebesar Rp. 1000 setiap minggunya.

3. Wajib Pakai Kalung Kardus

Di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum, Desa Betet, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan mempunyai cara dalam menangani mereka yang terlambat dengan mengalungi mereka dengan kardus. Sanksi tersebut mungkin bisa terbilang umum, namun uniknya ini tidak hanya berlaku pada siswanya, guru yang terlambat pun akan dikenakan sanksi yang sama yaitu dikalungi kardus yang bertuliskan “Saya Malu Datang Terlambat”.

4. Wajib Menyiram Bunga

Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Magelang, Jawa Tengah mewajibkan siswanya yang terlambat menyiram bunga. Menurut pihak sekolah, sanksi ini diberikan agar mereka disiplin secara edukatif. Selain dalam pelajaran sekolah, pihak sekolah juga mengharapkan siswanya peduli terhadap lingkungan.

Tags: Sanksi Guru Sanksi Sekolah

Related Post "Empat Sanksi Unik Terlambat Masuk Sekolah"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini

Leave a reply "Empat Sanksi Unik Terlambat Masuk Sekolah"