RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani

Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut PNS bukanlah kata yang asing lagi bagi sebagian besar orang. Diantara anda dan sekeliling andapun pasti ada orang yang menjadi PNS. Bahkan banyak sekali orang yang ingin menjadi PNS. Entah itu dokter, bidan, guru, ataupun pegawai kantor lainnya, banyak yang menginginkan status yang satu ini.

Beberapa tahun silam, PNS dipandang sebelah mata karena penghasilannya yang kecil. Sebelumnya, orang yang menjadi PNS dianggap tidak terjamin kesejahteraannya. Namun akhir-akhir ini, tak sedikit orang dari golongan elit yang berbondong-bondong yang ingin menjadi PNS. Namun pernahkah terlintas di benak anda ataupun mereka yang menjadi atau yang masih ingin menjadi PNS, siapakah PNS pertama di Indonesia?

RM Dorodjatun PNS Pertama

RM Dorodjatun, Semua orang pasti pernah mendengar atau bahkan mengenal beliau. Beliau merupakan garis keturunan langsung dari Dinasti Kerajaan Mataram Islam. RM Dorodjatun juga dikenal sebagai pahlawan nasional negeri ini karena ikut berjuang melawan penjajah dan mendukung Indonesia di awal kemerdekaan.”Ngarsa Dalem Sampeyan Dalem Ingkang Sinuwun Kangjeng Sultan Hamengkubuwana Senapati-ing-Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Kalifatullah ingkang Jumeneng Kaping Sanga ing Ngayogyakarta Hadiningrat” adalah gelar yang beliau dapat pada tanggal 18 Maret 1940. Pada saat itu beliau diangkat sebagai Sultan Jogyakarta dengan sebutan Sultan Hamengkubuwono IX.

Menurut GBHP Joyokusumo putranya, Sri Sultan tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) pertama dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) 010000001 pada tahun 1942. Sampai saat ini, kartu pegawainya masih disimpan oleh pihak keluarga.

Sebagai PNS Pertama Indonesia, beliau adalah sosok yang hebat dan bermartabat. Beliau benar-benar mengorbankan jiwa dan raganya untuk ibu pertiwi. Bahkan beliau tidak berpikir dua kali untuk memberikan hartanya demi keutuhan NKRI. Bukan apa yang bisa negara berikan kepada kita, tapi apa yang bisa kita berikan kepada negara adalah satu pelajaran yang dapat kita ambil dari sosok hebat asal Jogjakarta ini.

Baca juga : 10 Alasan Kuat Kenapa Banyak Orang Ingin Jadi PNS

Pada zaman dahulu seleksi CPNS jauh lebih mudah dibandingkan saat ini. Dulu, siapa pun yang bersekolah dan ingin menjadi pegawai tidak perlu mengikuti seleksi yang rumit untuk bisa diangkat sebagai PNS. Meskipun demikian jasa dan peran mereka dalam memajukan negara ini jauh lebih tulus dan hebat. Dengan gaji yang tidak seberapa, PNS pendahulu dapat mengerjakan tugas dengan baik. Sedangkan di zaman yang sudah sangat memperhatikan nasib PNS, justru banyak PNS yang tidak menghiraukan aturan kedisiplinan PNS. Semoga ini bisa menjadi inspirasi untuk kinerja yang lebih baik bagi mereka yang sudah ataupun ingin menjadi PNS.

Tags: Pegawai Negeri Sipil PNS Pertama

author
Author: 

Related Post "RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani"

Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini
6 Makanan Pedas Indonesia Tahun 2017 Paling Viral
Tak terelakkan lagi jika Indonesia sangat terkenal

Leave a reply "RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani"