Ditelantarkan, Daerah Ini Penuh Dengan Satwa Langka

Sepanjang sejarah, entah sudah berapa banyak satwa yang sudah punah dan hanya bisa dihitung jari saat ini. Mulai dari teori adanya dinosaurus sampai tersisa komodo yang saat ini ada di pulau komodo. Bencana alam dan perbuatan manusia merupakan salah satu akibat kelangkaan satwa-satwa tersebut.

Sebut saja daerah Chernobyl, daerah bekas bencana nuklir akibat manusia ini sangat berbahaya untuk di tempati. Letaknya sendiri ada di Oblast Kiev dekat dengan perbatasan Belarusia, di Ukraina Utara. Chernobyl memang berbahaya untuk ditempati, namun ini hanya berlaku untuk manusia, untuk satwa liar sendiri tidak berpengaruh. Chernobyl telah di telantarkan oleh manusia selama 30 tahun. Bekas bencana nuklir di tahun 1986 ini terkontaminasi radioaktif dan ledakan reaktor nuklir yang mengharuskan 116 ribu penduduk meninggalkan area seluas 2.574 meter persegi.

Lynx Eropa

Lynx Eropa

Saat ini, binatang seperti elk, rusa, dan serigala telah memadati Chernobyl. Tidak adanya manusia disana menumbuhkan populasi mamalia liar, meski ancaman radiasi masih ada. Dilansir dari Telegrap, Jurnal Ilmiah Current Biology menyatakan jika mereka menemukan beragam spesies langka, seperti Lynx Eropa yang sebelumnya pernah menghilang. Selain itu, ada juga beruang cokelat Eropa yang selama 100 tahun ini tidak pernah terlihat.

Baca juga : Peneliti Temukan Spesies Baru Tikus di Sulawesi Tengah

Beruang Cokelat Eropa

Beruang Cokelat Eropa

Spesies lain seperti babi hutan, rusa, kijang, rubah juga memenuhi daerah tersebut. Lebih mengejutkan lagi, angka populasi serigala lebih tinggi daripada di wilayah lain yang tidak terkontaminasi. Melihat keseluruhan populasi, nampaknya radiasi tidak terlalu memberikan efek pada mereka.

Baca juga : Perkasa, Bebek Berkepala Paku Ini Anti Sakit

Salah satu peneliti, Prof. Jim Smith dari Universitas Portsmouth, Inggris mengatakan, “Dalam hal lingkungan murni, di luar hal-hal mengerikan yang terjadi pada manusia, sejauh yang dapat kita lihat pada tahap ini, insiden (Chernobyl) tidak menyebabkan kerusakan lingkungan yang serius. Insiden itu justru menciptakan cagar alam seperti ini.”

Kuda Przewalsk

Kuda Przewalsk

Kembalinya kehidupan di area ini terdokumentasi dengan baik oleh peneliti Current Biology. Tahun 2013 lalu, kepolisian dan pemburu di Belarus meluncurkan operasi khusus untuk menangkap serigala dari Chernobyl yang memangsa ternak di wilayah Gomel, Belarus. Pada November 2014, para peneliti memasang 42 kamera jebakan di sisi Ukraina zona eksklusif Chernobyl demi memantau pertumbuhan alam liar di sana. Proyek yang direncanakan berakhir Desember nanti ini, telah menangkap gambar fauna-fauna terancam punah, seperti beruang, bison Eropa, serta kuda Przewalski.

Baca juga : Ajaib, Ayam Tanpa Kepala Ini Hidup Selama 18 Bulan

Tags: Beruang Coklat Eropa Chernobyl kuda Przewalsk Lynx Eropa Satwa Langka

author
Author: 

Related Post "Ditelantarkan, Daerah Ini Penuh Dengan Satwa Langka"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga
7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017
Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang
8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal
Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu

Leave a reply "Ditelantarkan, Daerah Ini Penuh Dengan Satwa Langka"