Di 9 Daerah Ini, Wanita Punya Kedudukan dan Kuasa Tinggi

Di belahan dunia manapun, banyak yang beranggapan yang pantas memimpin suatu kelompok atau bangsa adalah pria. Namun hal tersebut tidaklah selalu benar. Ada beberapa wanita di dunia saat ini yang memiliki pengaruh besar di dalam suatu bangsa. Hal tersebut ternyata juga sudah terlihat sejak lama dalam budaya yang dimiliki suatu suku bangsa.

Di beberapa suku bangsa, ada diantaranya yang menganut sistem matriarki. Sistem ini memberlakukan wanita menjadi pemimpin di dalam suatu kelompok, masyarakat, ataupun keluarga. Di dalam sistem ini, wanita mempunyai kedudukan yang sangat tinggi dan memiliki pengaruh yang sangat besar dan salah satunya yang terbesar juga ada di Indonesia. Berikut beberapa daerah yang wanitanya mempunyai kedudukan tinggi.

Minangkabau (Indonesia)

Wanita Minangkabau

Bukan Bhineka Tunggal Ika namanya jika Indonesia tidak memiliki sistem matriarki di salah satu sukunya. Salah satu daerah di Indonesia ternyata menganut sistem matriarki, yaitu Minangkabau. Suku Minangkabau merupakan salah satu suku terbesar di dunia yang masih menganut sistem matrilineal. Pada Suku Minangkabau, nama keluarga dan harta warisan akan di turunkan dari ibu pada anak perempuannya.

Baca juga : Negara Ini Akan Wajibkan Berpoligami

Di dalam sebuah keluarga, pengambilan keputusan ada di tangan wanita. Pria di suku ini lebih banyak berperan di bidang politik dan pemuka agama. Jika salah satu wanita suku minangkabau menikah dengan pria suku lainnya. Hal diatas seperti nama keluarga dan harta warisan tetap berlaku.

Alapine (Alabama)

Alapine Village

Desa Alapine atau suku alapine terletak di Alabama. Suku ini menolak kromosom pria atau tidak ingin mendapatkan keturunan pria. Karena hal tersebut, Suku Alapine disebut sebagai perkumpulan lesbian. Mereka menikmati hidup damai dan indah tanpa peran para pria. Sampai saat ini perkumpulan ini masih ada di Alabama. Sekitar 13 wanita hidup berdampingan dan tetap menjalankan dan mempertahan tradisi yang ada.

Mosuo (China)

Suku Mosuo

Masyarakat Mosuo tinggal di provinsi Sichuan dan Yunnan yang berbatasan langsung dengan Tibet. Suku Mosuo ini biasanya tinggal di sebuah rumah yang sangat besar dan dipimpin oleh wanita. Pembagian peran antara pria dan wanita di suku ini mirip dengan suku Minangkabau di Indonesia. Para wanita mengurus masalah sedangkan para pria memiliki peran di bidang politik. Setiap anak yang lahir di suku ini pun akan memiliki nama keluarga yang diturunkan langsung dari ibunya.

Sworn Virgins (Albania)

Sworn Virgins

Suku Sworn Virgins di Albania ini memiliki sistem matriarki yang cukup unik dari yang lain. Dalam pemilihan kepala keluarga, jika tidak ada anak laki-laki dalam keluarga tersebut, makan anak perempuan yang akan menjadi kepala keluarga. Uniknya, anak perempuan tersebut akan disumpah untuk menjadi lelaki dan tidak boleh menikah. Mereka juga harus memotong rambut dan memakai pakaian para pria. Selain itu, mereka juga harus melatih nada berat suara akan tampak seperti pria. Bagi mereka, rokok adalah simbol yang menandakan seoarang pria.

Baca juga : Wanita Ini Tak Potong Rambut Selama 35 Tahun

Nagovisi (New Guinea)

Suku Nagovisi

Nagovisi merupakan sebuah masyarakat yang tinggal di Bougainville selatan di Papua Nugini. Masyarakat ini terbagi menjadi dua kelompok matrialineal dan masih di pecah lagi menjadi beberapa suku. Para wanti di suku ini terlibat pada masalah kepemimpinan dan berbagai upacara adat. Namun peran terbesar mereka adalah dalam mengurus lahan yang mereka miliki.

Akan (Ghana)

Suku Akan

Suku Akan Mayoritas ada di negara Ghana dan terdapat juga di beberapa negara sekitarnya. Suku ini juga menganut sistem matrilianeal. Meski yang mendirikan dan membuat sistemnya adalah para wanita, suku ini tetap di pimpin oleh pria.

Garo (India dan Bangladesh)

Suku Garo

Masyarakat Garo tinggal di timur laut India dan berada di negara bagian Meghalaya. Kekuasaan politik di dalam masyarakat dan kepemilikan lahan di Garo ini diturunkan dari ibu kepada anak perempuannya yang paling muda. Meski begitu, untuk masalah kepengurusan lahan dan pemerintahan diatur sepenuhnya oleh pria.

Baca juga : Tak Hanya Manusia, 6 Hewan Ini Juga Penganut Transgender

Bribri (Costa Rica)

Suku Bribri

Suku Bribri yang ada di Costa Rica merupakan suku yang kecil. Suku ini hanya memiliki 13 ribu anggota yang tinggal di Provinsi Limon. Masyarakat dari suku ini di bagi lagi menjadi beberapa klan yang berasal dan diturunkan melalui garis keturunan wanita. Warisan berupa tanah hanya dapat diberikan kepada wanita saja. Selain itu, wanita juga memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai ritual sakral masyarakat.

Baca juga : Inilah 10 Model Cantik dan Seksi yang Dulunya Pria

Tags: Sistem Matriarki

author
Author: 

Related Post "Di 9 Daerah Ini, Wanita Punya Kedudukan dan Kuasa Tinggi"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga
7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017
Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang
8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal
Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu

Leave a reply "Di 9 Daerah Ini, Wanita Punya Kedudukan dan Kuasa Tinggi"