Delapan Musibah yang Terjadi di Mina Sejak 1990

Musibah tidak tentu datangnya, seperti peristiwa di Mina yang terjadi pada musim haji tahun 2015 ini. Peristiwa terinjak-injaknya para jemaah haji saat menjalani prosesi ibadah haji bukan kali ini terjadi di Mina, Arab Saudi. Setidaknya, sudah ada delapan kali peristiwa yang sama terjadi sejak 1990. Di musim haji, jutaan orang dari seluruh penjuru dunia datang melaksanakan rukun Islam kelima ke Arab Saudi.

Lokasi Makhtab Mina, Mekkah

Pemerintah Arab Saudi hingga kini tak putus melakukan perbaikan sarana dan prasana demi lancarnya ibadah haji, mulai dari pelebaran masjid, perbaikan jalan ataupun tenda yang digunakan jemaah. Namun hal itu belum bisa memberi keamanan bagi para jemaah. Seperti kejadian sebelum peristiwa di Mina ini, sebuah crane yang digunakan dalam proses pembangunan terjatuh di Masjidil Haram, Mekkah. Sebanyak 107 orang tewas, termasuk 10 orang jemaah haji asal Indonesia.

Lokasi Makhtab Mina, Mekkah 2

Namun, ancaman paling fatal di tengah kerumunan jutaan orang adalah terjatuh dan terinjak-injak oleh jemaah lain yang berasal dari negara sendiri ataupun negara lain. Meski sudah diatur sedemikian rupa tentang jalan (tiap negara mempunyai jalan dan waktunya sendiri) yang akan digunakan, terkadang para jemaah melupakan hal tersebut karena keinginan ingin melihat sekeliling, berbelanja sebagai buah tangan saat pulang nanti, melanjutkan ibadah selanjutnya ataupun hal lainnya. Kejadian fatal ini sudah delapan kali terjadi dalam rentang 25 tahun atau dari tahun 1990. Berikut delapan peristiwa terinjak-injaknya jemaah haji yang pernah terjadi :

1990: Insiden paling fatal terjadi ketika massa berdesakan di terowongan menuju Mekkah. Sebanyak 1.426 orang tewas terinjak-injak.

1994: Sekitar 270 calon haji meninggal lantaran terinjak-injak massa saat pelaksanaan ritual jumrah di Mina.

1998: Sekitar 180 calon haji terinjak-injak massa yang panik setelah beberapa di antara mereka jatuh dari jembatan layang saat pelaksanaan ritual jumrah di Mina.

2001: Sedikitnya 35 calon haji tewas terinjak-injak massa di Mina pada hari terakhir ibadah haji.

2003: Sebanyak 14 orang tewas terinjak-injak saat dua rombongan yang usai melempar jumrah bertemu dengan rombongan lain yang baru datang.

2004: Massa yang berdesakan di Mina mengakibatkan ratusan orang terinjak-injak. Sebanyak 244 orang tewas, dan ratusan lainnya cedera pada hari terakhir pelaksanaan ibadah haji.

2006: Lebih dari 360 calon haji tewas terinjak-injak massa yang tengah menjalani ritual lempar jumrah di Mina. Pada musim haji tahun itu pula, sebuah gedung delapan lantai yang berfungsi sebagai penginapan di dekat Masjidil Haram ambruk. Sedikitnya 73 orang tewas.

2015: Lebih dari 717 orang tewas terinjak-injak dalam perjalanan menuju tempat melempar jumrah di Mina. Sebuah rombongan tiba-tiba berhenti berjalan. Sementara, rombongan lain di belakang terus berjalan, mendesak dari belakang. Sementara ini yang terkonfirmasi ada 46 WNI meninggal dunia.

Berikut gambar yang terkait dengan peristiwa di Mina tahun 2015 :

Lokasi Jalur Tragedi Mina

Lokasi Jalur Tragedi di Mina

Tragedi Mina 1

Tragedi Mina 2

Tragedi Mina 3

Tragedi Mina 4

Tragedi Mina 5

Tragedi Mina 6

Tragedi Mina 9

Menurut Kementrian Agama, Peristiwa yang terakhir terjadi ini diduga karena danya jemaah yang akan melakukan jumrah Aqabah tiba-tiba terhenti di jalan Arab. Karena terhenti, jemaah yang berada pada barisan belakang mendorong jemaah yang di depan sehingga berdesakan dan banyak perempuan dan orang tua yang jatuh menjadi korban.

Sumber : BBC, Kompas, Tribunews & Liputan 6.

Tags: Haji 2015 Peristiwa Haji Peristiwa Mina

author
Author: 

Related Post "Delapan Musibah yang Terjadi di Mina Sejak 1990"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga
7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017
Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang
8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal
Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu

Leave a reply "Delapan Musibah yang Terjadi di Mina Sejak 1990"