Dari Nol, 5 Kisah Orang Terkaya Di Indonesia

Hidup sejahtera bergelimang harta menjadi impian banyak orang. Ingin hidup kaya, bahkan berkecukupan menjadi pilihan bagi setiap orang, apalagi menjadi orang terkaya di suatu negeri. Butuh usaha dan pengorbanan yang besar untuk mendapatkannya.

Banyak pengusaha yang mengalami pasang surut saat menjalankan usahanya. Seperti pepatah yang mengatakan berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Tak mudah untuk menjadi orang yang serba berkelebihan. Sepintas, Anda hanya akan tahu mereka kaya raya tanpa tahu perjalanan yang mereka tempuh sangat berat. Berikut 5 kisah orang terkaya di Indonesia.

Keluarga Hartono

hartono-family-orang terkaya

Kakak beradik Robert dan Micheal Hartono ini selalu nangkring di posisi teratas orang terkaya di Indonesia. Perusahaan Djarum yang mereka miliki adalah warisan dari sang ayah, Oei Wie Gwan. Sang ayah membeli perusahaan Djarum Gramofon pada tahun 1951 yang kala itu akan gulung tikar. Pada tahun 1963, perusahaan Djarum ini hampir punah akibat kebakaran besar yang menghancurkan pabrik. Tak lama berselang, pemilik Djarum kala itu, Oei Wie Gwan meninggal dunia.

Kondisi ekonomi keluarga yang sangat tidak stabil sepeninggalnya sang ayah membuat Robert dan Michael harus banting tulang untuk membangun kembali warisan sang ayah. Di tengah-tengah buruknya citra keturunan Tionghoa di masyarakat umum kala itu tak membuat dua bersaudara ini patah semangat. Atas usahanya, saat ini dua bersaudara ini menjadi orang terkaya Indonesia dengan kekayaan US$ 15.4 milliar atau sekitar Rp 204,8 triliun.

Anthoni Salim

anthoni-salim

Hampir sama dengan Robert dan Michael Hartono, Anthoni Salim juga seorang pewaris perusahaan. Namun dia tak seperti Hartono bersaudara yang harus membangun ulang warisannya karena dilanda bencana.

Pada tahun 1998, banyak perusahaan di Indonesia yang gulung tikar akibat krisis moneter. Anthoni yang kala itu memiliki beberapa perusahaan harus menjualnya untuk menutupi utangnya yang mencapai Rp 55 triliun. Tentu anda tahu dengan BCA (Bank Central Asia) yang saat ini dimiliki oleh keluarga Hartono. Sebelumnya, BCA adalah milik Anthoni. Tak hanya itu perusahaan bonafide lainnya yang sudah dia bangun seperti Indocement dan Indomobil juga harus dijualnya.

Meski sudah banyak yang di korbankan, Anthoni tetap menjadi jajaran orang terkaya di Indonesia. Saat ini, perusahaan yang menjadi jempolannya andalah Indofood dan Bogasari. Kekayaan Anthoni Salim versi Forbes saat ini diperkirakan US$ 5,4 miliar atau setara dengan Rp 71,8 triliun.

Eka Tjipta Widjaja

eka-tjipta-widjaja

Berasal dari keluarga miskin, tidak punya warisan dan hanya lulusan SD (Sekolah Dasar) tak menyurutkan mimpi seorang Eka Tjipta Widjaja. Gigihnya usaha yang dilakukan memang patut diacungi jempol sampai dia menjadi jajaran orang terkaya di Indonesia.

Tidak bisa melanjutkan sekolah selepas SD karena tidak biaya, dia harus membantu orang tuanya untuk berjualan. Bermodalkan sepeda, Eka kecil mengelilingi Makassar untuk menjual permen, biskuit, dan macam-macam barang kelontong. Saat berumur 15 tahun, dia mencoba untuk mencari pemasok permen dan biskuit sendiri. Banyak yang tidak percaya padanya, namun akhirnya dia berhasil mendapatkan salah satu pemasok dan berhasil. Saat ini, perusahaan Sinarmas yang digawanginya juga sudah menggurita dimana-mana. Kekayaan yang dimilikinya saat ini sudah mencapai US$ 5,3 miliar atau setara dengan Rp 70.5 triliun.

Chairul Tanjung

chairul-tanjung

Disebut-sebut dengan julukan “Si Anak Singkong” karena berasal dari desa. Meski begitu, Chairul Tanjung berhasil menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia yang menjalankan usahanya dari nol. Sebelum sukses seperti saat ini, Chairul memang sudah mempunyai jiwa pengusaha sejak masih di bangku kuliah dengan menjual kaos hingga buku fotokopian.

Chairul Tanjung juga pernah membuka usaha peralatan medis dan laboratorium. Namun usahanya yang satu ini juga gulung tikar. Tekadnya yang pantang menyerah dan dengan bantuan pinjaman kredit bank pada tahun 1987 sebesar Rp 150 juta, dia membuka usaha ekspor barang seperti seperti sepatu. Bisnisnya yang mulai berkembang sampai akhirnya dia menjadi orang terkaya di Indonesia lewat perusahaan CT Corp. Saat ini kekayaannya mencapai US$ 4,8 miliar atau setara dengan Rp. 63,8 triliun.

Theodore Permadi Rachmat

theodore-permadi-rachmat

Pria yang lebih akrab dengan nama Teddy Rachmat ini tidak langsung sukses meski keluarganya terhitung berada dan punya usaha yang maju. Pikirannya yang tidak ingin tergantung dengan keluarga, membuatnya berjuang sendiri dengan bisnis yang berbeda. Pada tahun 1970, Teddy mendirikan PT Porta Nigra yang bergerak dibidang konstruksi.

Pada akhirnya, Teddy diminta pamannya untuk masuk ke dalam bisnis keluarga. Dia tidak serta merta langsung masuk menjadi pemimpin di perusahaan tersebut. Mulai jadi pegawai magang, sales, dan akhirnya menjadi presiden direktur pada tahun 1984 di PT Astra Internasional.

Kemampuan manajemen Teddy memang patut diacungi jempol. Tak hanya Astra, masih banyak perusahaan yang dipimpin oleh Teddy. Ini berawal dari pengalamannya bergelut di dunia tanam saham. Saat ini, kekayaannya mencapai US$ 1,3 miliar atau setara dengan Rp 17,3 triliun.

Tags: Anthoni Salim Budi Hartono Chairul Tanjung Eka Tjipta Widjaja Hartono Family Michael Hartono Orang Kaya Orang Terkaya Theodore Permadi Rachmat

author
Author: 

Related Post "Dari Nol, 5 Kisah Orang Terkaya Di Indonesia"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini
6 Makanan Pedas Indonesia Tahun 2017 Paling Viral
Tak terelakkan lagi jika Indonesia sangat terkenal

Leave a reply "Dari Nol, 5 Kisah Orang Terkaya Di Indonesia"