Cara Mudah “Selamatkan” Gadget yang Jatuh Ke Dalam Air

Di era sekarang ini, gadget seperti benda yang sudah menjadi kebutuhan hidup. Berbagai kalangan dari anak kecil sampai lansia sudah memiliki benda yang satu ini. Terkadang, ada diantara penggunanya sampai lupa waktu dan terlalu fokus sampai-sampai lupa kegiatan yang lain. Ada juga diantara penggunanya yang menggunakan gadget sebagai benda untuk menaikkan status sosial yang mereka miliki.

Gadget Dalam Air

Tidak sedikit dari anda yang memiliki gadget mempunyai data-data yang nilainya bahkan melebihi harga dari gadget itu sendiri. Lalu bagaimana jika benda berharga yang anda punya tersebut jatuh ke dalam air atau terkena air hujan dan kemudian mati? Tentu saja ada diantara anda yang sudah mulai panik, bingung, melongo, dan perasaan campur aduk yang sudah tidak karuan. Namun siapa sangka ada cara mudah untuk menyelamatkan gadget yang jatuh ke dalam air. Berikut ulasannya :

1. Segera Ambil Gadget Anda Dari Air

Jangan terburu-buru untuk pasrah bahwa gadget anda sudah rusak dan hanya diam saja melihatnya. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah ambil segera gadget anda dari air. Jika kondisinya masih hidup, berbahagialah karena gadget anda masih baik-baik saja. Namun anda tetap perlu melakukan cara selanjutnya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Jangan Hidupkan Gadget

Jika kondisi gadget anda masih hidup, matikanlah terlebih dahulu. Namun jika setelah diambil kondisi gadget anda sudah dalam keadaan mati. Jangan terburu-buru untuk menghidupkan gadget untuk mengetahui kondisinya. Menghidupkan alat elektronik yang terkena air akan merusak komponennya yang disebabkan arus listrik yang tidak normal. Gampangnya, jika ini dilakukan gadget anda akan mengalami konsleting.

3. Lepas Perangkat yang Bisa Dilepaskan

Anda harus melepaskan semua perangkat dasar yang melekat pada gadget seperti baterai, kartu SIM, kartu memori dan casenya jika. Namun saat ini sudah ada beberapa gadget yang tidak bisa dilepas baterainya, lepas saja perangkat yang bisa anda lepas.

4. Keringkan Gadget

Setelah anda melepaskan semua perangkat dasar gadget, langkah selanjutnya yaitu keringkan gadget anda. Gunakan penghisap debu atau hair dryer untuk mengeringkan gadget. Jika anda tidak punya alat tersebut, anda juga bisa menggunakan panas sinar matahari tidak langsung. Jangan menjemur gadget anda secara langsung pada matahari layaknya menjemur pakaian. Hal tersebut justru akan merusak gadget anda.

Anda bisa memasang atau tetap melepaskan semua perangkat dasar yang telah dilepaskan sebelumnya setelah dikeringkan.

5. Rendam di Dalam Beras

Kenapa harus rendam di dalam beras? Karena bahan ini mudah untuk di dapatkan dan beras juga mudah menyerap air dengan cepat. Hal ini sudah terbukti di beberapa penelitian yang telah dilakukan. Rendamlah gadget anda di dalam beras kurang lebih selama tiga hari. Anda perlu bersabar untuk langkah yang satu ini.

Namun dalam beberapa percobaan, ada beberapa gadget yang sudah bisa digunakan dengan aman setelah direndam 1×24 jam dan ada pula yang gagal. Untuk itu, rendamlah selama tiga hari di dalam beras untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Hidupkan Gadget

Langkah terakhir adalah hidupkan kembali gadget anda setelah di rendam dalam beras. Jangan panik jika gadget anda belum hidup, chargerlah gadget anda terlebih dahulu sampai baterainya penuh lalu hidupkan kembali.

Mungkin video dibawah ini akan sedikit membantu anda jika anda bingung membaca tulisan diatas :

Tags: Tips Gadget Tips Gadget Jatuh Dalam Air

author
Author: 

Related Post "Cara Mudah “Selamatkan” Gadget yang Jatuh Ke Dalam Air"

Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Cara Mudah Buka Blokir Telegram, Reddit, Dan Vimeo
Semakin hari, teknologi semakin maju. Hal ini
Lebih Ganas, Si Wiper Petya 2017 Bukanlah Ransomware
Masih ingatkah anda dengan keganasan WannaCry? Beberapa
WannaCry, Ransomware Sadis yang Minta Tebusan $300
Banyaknya virus jahat di internet terkadang membuat

Leave a reply "Cara Mudah “Selamatkan” Gadget yang Jatuh Ke Dalam Air"