Berantas Calo, Mudahnya Membuat Dan Perpanjang SIM Secara Online

Surat Ijin Mengemudi atau yang bisa di sebut SIM memang syarat wajib untuk mengemudikan kendaraan. Di Indonesia, yang berhak menerbitkannya hanyalah pihak Kepolisian Republik Indonesia. Untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM lama, pihak Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri membuat sebuah layanan yaitu pembuatan dan perpanjangan SIM secara online.

Layanan dari pembuatan dan perpanjangan SIM secara online ini juga akan memberatkan para calo SIM yang berkeliaran. Pasalnya, pembayaran pembuatan dan perpanjangan SIM secara online hanya bisa dibayarkan melalui ATM, EDC dan teller Bank BRI. Jumlah biaya pembuatannya pun akan keluar secara transparan diakhir pengisian form SIM online. Berikut cara pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM lama.

  • Pertama, bukalah browser anda dan akses korlantas.polri.go.id. Arahkan mouse anda ke tab pelayanan dan pilih pendaftaran SIM online. (lihat gambar dibawah)SIM secara Online
  • Setelah mengikuti langkah diatas, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Jika anda ingin mendaftar. Langsung saja klik Pendaftaran SIM Online seperti yang ditunjuk panah merah dibawah.
  • Dihalaman awal pendaftaran, anda akan diberikan informasi mengenai pembuatan SIM Baru dan SIM perpanjangan yang bisa dilakukan untuk SIM A dan SIM C. Untuk mendaftar, anda bisa klik Lanjut seperti yang ditandai tanda panah merah di bawah.
  • Selanjutnya anda bisa mengisi form yang ditampilkan. Untuk jenis permohonan, anda bisa memilih SIM Baru atau Perpanjangan SIM seperti yang ditampilkan gambar dibawah ini. Bagi anda yang perantau ataupun pendatang di suatu tempat. Anda dapat memilih polda kedatangan tempat anda tinggal meski alamatnya berbeda dengan e-KTP. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk klik Lanjut.
  • Jika anda ingin memperpanjang SIM dan muncul gambar seperti dibawah ini setelah pengisian form diatas. Maka anda tidak bisa melakukan perpanjangan SIM secara Online. Anda harus melakukan perpanjangan di polres terdekat dan melaporkan apa yang anda alami agar bisa diatas. Untuk sebab-sebabnya bisa anda lihat gambar dibawah ini.
  • Jika setelah pengisian form yang pertama anda berhasil dan muncul form lagi. Anda hanya perlu mengisinya sesuai data-data di e-KTP dengan benar. Untuk form jenis permohonan SIM Baru atau Perpanjangan SIM akan sama seperti gambar dibawah ini. Jangan lupa untuk klik Lanjut setelah anda benar-benar yakin mengisinya.
  • Anda akan diarahkan halaman konfirmasi atas apa yang anda input sebelumnya. Di halaman ini pula anda akan diberi jadwal untuk datang ke satpas pilihan anda. Anda akan diberi waktu 1 bulan dari tanggal pembuatan SIM secara Online. Di halaman ini juga akan ditampilkan berapa yang harus dibayarkan. Klik Kirim jika anda sudah yakin.
  • Setelah halaman konfirmasi, anda akan diarahkan pada halaman yang menerangkan bahwa registrasi SIM Online anda telah berhasil. Jangan lupa untuk mencatat nomor registrasi dan mencetak halaman ini. Jika anda lupa untuk mencetaknya, jangan cemas, periksalah kotak masuk alamat email yang telah anda input sebelumnya. Halaman dibawah bisa anda download melalui email. Untuk
  • Anda bisa membayar biaya diatas di ATM, EDC atau Teller Bank BRI terdekat dengan menunjukkan nomor registrasi.
  • Selanjutnya anda perlu mendatangi satpas yang telah anda pilih untuk melakukan ujian dan SIM anda. Jangan lupa untuk membawa persyaratan sepeti halaman registrasi online yang berhasil, e-KTP, 2 Fotokopi e-KTP, surat sehat Ket. Dokter dan SIM yang lama bagi yang memperpanjang SIM.

Jika anda masih bingung, simaklah video panduan perpanjangan SIM di bawah ini.

Dengan transparansi pembuatan SIM secara Online ini. Diharapkan masyarakat tidak menggunakan jasa calo untuk pembuatan SIMnya.

Tags: Perpanjang SIM Online SIM SIM Baru Online SIM Online

Related Post "Berantas Calo, Mudahnya Membuat Dan Perpanjang SIM Secara Online"

Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan
Keblak, Mahluk Mistis Paling Melagenda Asli Indonesia
Indonesia yang mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika
Ini Alasannya Kendaraan Bermotor Mati Saat Lewat Rel Kereta Api
Menghindari kemacetan jalan utama kota memang sulit

Leave a reply "Berantas Calo, Mudahnya Membuat Dan Perpanjang SIM Secara Online"