Beginilah Cara Ikan Tidur Sepanjang Hidupnya

Menjalani aktivitas sehari-hari memerlukan stamina dan energi yang cukup. Untuk menjaga itu semua, kesehatan tubuh perlu dijaga dengan makan makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Tidur di malam hari merupakan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat agar bisa menjalani aktivitas esok hari dengan maksimal.

Mahluk hidup lain seperti hewan pun memerlukan beristirahat untuk menjalani hari-harinya, tak terkecuali dengan ikan. Tentu pernah terlintas dipikiran anda, bagaimana cara ikan tidur? Apalagi bagi anda yang mempunyai sebuah akuarium dirumah, seakan-akan ikan tidak pernah tidur dan terus bergerak kesana kemari.

Ikan tidur

Ikan juga tidur seperti mahluk hidup yang lain. Namun cara ikan tidur tidak seperti pada mahluk hidup lainnya yang menutup matanya saat tidur. Sebagian besar dari ikan tidur dengan mata yang tetap terbuka. Itulah sebabnya kita tidak menyadari bawa sebenarnya ikan tidur pulas saat kita memperhatikannya di akuarium.

Ikan Paus

Namun kondisi ikan saat tidur tetap bisa kita amati. Ada suatu kondisi dimana ikan terdiam seperti tak sadarkan diri, meski matanya tetap terbuka dengan lebar. Biasanya perilaku ini mereka lakukan di dasar akuarium. Jika anda coba taburkan makanan, ikan tidak akan segera memakannya, bukan karena mereka tidak lapar, namun karena mereka sedang tidur.

Pada saat tidur, ada beberapa ikan yang tidak diam selama tidur. Mereka membuat gerakan yang perlahan saat tidur. Ini mereka lakukan agar aliran air tetap terjaga menuju insangnya sehingga oksigen tetap masuk dalam tubuhnya. Selain itu, gerakan-gerakan ikan saat tidur juga agar tetap menjaga mereka ada di dalam arus. Bayangkan jika ikan tidak bergerak sama sekali di dalam air yang mempunyai arus deras? Tentu mereka akan ikut arus tersebut dan bisa juga dimangsa oleh predator.

Hal diatas juga berlaku bagi lumba-lumba yang notabenenya bernafas dengan paru-paru. Namun cara lumba-lumba tidur lebih unik lagi. Lumba-lumba tidur dengan tidur setengah sadar dan aktif bergerak seperti biasanya.

Lumba-lumba

Percaya atau tidak, lumba-lumba hanya menidurkan setengah otaknya setiap sesi secara bergantian setiap empat jam. Jika otak kanan tidur, mata kirinya terbuka. Jika otak kirinya yang tidur, maka mata kanannya yang terbuka. Hal inilah yang membuat lumba-lumba tetap bisa ambil nafas ke permukaan saat mereka tidur.

Tags: Cara Ikan Tidur

author
Author: 

Related Post "Beginilah Cara Ikan Tidur Sepanjang Hidupnya"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
Fakta Hebat Ibu Tien, Istri Pak Harto yang Mulai Terlupakan
Masih ingatkah anda dengan nama Siti Hartinah?

Leave a reply "Beginilah Cara Ikan Tidur Sepanjang Hidupnya"