Akibat Teknologi, 7 Usaha ini mungkin Akan Gulung Tikar

Kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat membuat segala pekerjaan terlihat mudah untuk dilakukan. Canggihnya teknologi saat ini seakan-akan bisa melakukan apa saja dengan instan. Bahkan jika sebelumnya untuk mengirim pesan membutuhkan waktu berhari-hari, saat ini dalam hitungan detik pun sudah bisa tersampaikan dan terbalaskan.

Dibalik semua kemudahan, tentu ada beberapa diantaranya yang merasa dirugikan akibat canggihnya teknologi semakin maju. Kemudahan mendapatkan informasi, mudahnya memesan barang, dan bisa membaca buku di gadget merupakan sedikit kemudahan yang diberikan teknologi. Hal ini tentu akan membuat beberapa usaha atau toko bisa gulung tikar jika tidak bisa beradaptasi dengan kemajuan jaman. Berikut 7 usaha atau toko yang bisa gulung tikar akibat kemajuan teknologi.

 Toko Kaset Musik

Toko Kaset Musik

Di era 1980 sampai awal tahun 2000. Kaset musik masih banyak diminati para pecinta musik tanah air. Berbagai kalangan mulai dari anak-anak, ibu-ibu atau para orang tua pun memenuhi toko kaset musik setiap harinya. Namun sejak adanya mp3, mp4, dan mulai merambah pada pembelian lagu secara digital. Banyak toko kaset musik mulai gulung tikar, bahkan toko kaset terbesar di Amerika Serikat, Blockbuster sudah tutup karena tidak bisa mengikuti perkembangan teknologi. Mungkin ada beberapa yang masih bertahan dan ini mulai langka saat ini. Biasanya para kolektor kaset musik yang mengetahui tempat-tempat langka seperti ini.

Toko Sewa Kaset Film

Toko Film

Di awal tahun 2000an masih banyak toko sewa kaset film. Namun selang beberapa tahun, toko-toko tersebut sudah banyak tutup karena canggihnya teknologi. Saat masih ada, pemberian promo sewa 3 gratis 1 sudah biasa. Namun karena era digital saat ini sudah bisa diadaptasi oleh berbagai kalangan, untuk nonton film pun tidak harus sewa kaset film lagi. Bahkan sudah ada pembelian secara online, streaming gratis dan download link film secara gratis yang sudah bertebaran dimana-mana untuk mendapatkan sebuah film dengan kualitas yang baik.

Toko Buku

Toko Buku

Saat ini, toko buku masih tetap ada dan masih banyak para peminatnya. Namun entah kapan bisa bertahan terhadap canggihnya teknologi. Dari playstore, appstore, atau dari layanan situs lainnya sudah menyediakan buku digital untuk para pembacanya. Bahkan serial komik yang biasanya hanya bisa ditemukan di toko buku, saat ini sudah beredar versi digitalnya.

Penjualan Koran Fisik

Koran

Gadget dan jaringan internet memang tidak bisa terpisahkan. Saat ini, untuk membaca beritapun tidak harus membeli banyak koran untuk mendapatkan informasi terbaru. Secara fisik, koran tersebut memang ada, namun perusahaan penyedia koran tersebut sudah mengadaptasi teknologi untuk memudahkan pembacanya dengan memberikan koran secara online. Meski masih ada, saat ini sudah jarang orang membeli koran fisik karena lebih suka membacanya di gadget. Bahkan mereka bisa berlangganan dengan email untuk mendapatkan informasi terbarunya.

Layanan TV Berbayar

Layanan TV Berbayar

Terkadang ada sebuah acara tv seperti pertandingan sepak bola akan diacak siarannya, alias tidak bisa di tonton karena acara tersebut hanya untuk pelanggan yang berbayar. Namun karena canggih teknologi dan informasi yang bisa di dapat secara mudah. Banyak para ahli di bidang ini yang menggunakan kemampuannya untuk mencoba hal baru dan bisa mendapatkan tayangan acara tersebut secara gratis serta langsung membagikannya saat itu juga melalui internet. Dengan hal ini, tidak menutup kemungkinan layanan TV berbayar akan bisa bertahan di Indonesia.

Toko Penjualan Game

Toko Game

Mudahnya mendapatkan suatu barang memang dapat membantu menghemat waktu termasuk dalam membeli game. Aplikasi atau situs yang menyediakan pembelian game secara virtual tanpa harus datang ke toko seperti steam atau glyph sangat membantu para gamer. Bahka untuk mendapatkan suatu aplikasi permainan pun bisa didapat secara gratis dengan mendownloadnya. Karena hal tersebut, baca toko fisi penjualan kaset game yang gulung tikar.

Agen Tiket Perjalanan

Agen Perjalanan

Saat ini, agen tiket perjalanan memang masih ada namun terbilang sedikit dibanding beberapa tahun yang lalu. Sedikitnya agen perjalanan saat ini karena untuk memesan tiket sudah bisa dilakukan sendiri, dan itupun sangat mudah. Hanya dengan menggunakan gadget yang tersambung ke internet, anda sudah bisa mendapatkan sebuah tiket.

Semua kecanggihan teknologi memang mempermudah pekerjaan kita. Namun terkadang kemudahan tersebut membuat kita sering malas melakukan sesuatu yang “sedikit” rumit.

Tags: Gulung Tikar Toko Usaha

author
Author: 

Related Post "Akibat Teknologi, 7 Usaha ini mungkin Akan Gulung Tikar"

Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini
Cara Mudah Buka Blokir Telegram, Reddit, Dan Vimeo
Semakin hari, teknologi semakin maju. Hal ini
Lebih Ganas, Si Wiper Petya 2017 Bukanlah Ransomware
Masih ingatkah anda dengan keganasan WannaCry? Beberapa

Leave a reply "Akibat Teknologi, 7 Usaha ini mungkin Akan Gulung Tikar"