9 Tradisi Unik Pindahan Rumah Di Dunia

Pindahan rumah adalah momen yang sangat penting. Meninggalkan tempat yang sudah lama anda tempati tentu sangat berat. Momen-momen dimana anda menghabiskan waktu di rumah yang lama akan selalu teringat. Di tempat yang baru, anda juga butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Bagi sebagian daerah, pindahan rumah merupakan tradisi yang disakralkan. Ada tradisi-tradisi tertentu yang harus dilakukan agar dapat nyaman di tempat yang baru nantinya. Mulai dari kerja bakti tetangga yang membantu, syukuran, tumpengan dan bahkan ada juga rumah lama secara utuh dipindah tanpa dibongkar terlebih dahulu. Berikut 9 Tradisi Unik Pindahan Rumah Di Dunia.

Keluar Masuk dari Pintu yang Sama

keluar-pintu-1Tradisi keluar masuk dari pintu yang sama saat pindahan rumah ini ada di Irlandia. Masyarakat setempat punya kebiasaan untuk keluar masuk dari pintu yang sama di rumah baru saat pertama kali sampai. Mereka percaya, jika mereka keluar masuk dari pintu yang berbeda, maka saat dihuni mereka akan mengalami hal buruk.

Menyebar Koin

koin

Tradisi menyebar ke seluruh penjuru rumah yang baru ini datang dari Filipina. Mereka yang melakukan ini percaya nantinya seisi rumah yang menempati rumah baru ini akan dilimpahi keberuntungan dan kemakmuran.

Menebarkan Garam

garam

Tradisi menabarkan garam ini dilakukan di beberapa negara dan suku di seluruh dunia. Mereka percaya akan berhasil mengusir roh-roh jahat di rumah baru yang akan mereka tempati.

Membunyikan Lonceng

lonceng

Tradisi membunyikan lonceng saat pindahan rumah ada di daerah Tibet. Mereka percaya membunyikan lonceng bisa mengusir energi atau chi yang bersifat jahat dari dalam rumah baru yang ditempati.

Membawa Roti dan Garam

bawa-roti-dan-garam

Kebiasaan membawa roti dan garam saat pindahan rumah datang dari daerah Rusia. Menurut mereka, roti dan garam melambangkan keramahan, jadi mereka meresa wajib untuk membawa dua bahan makanan ini di tempat baru. Selain itu, roti dan garam juga dipercaya bisa membuat para penghuni rumah yang baru terbebas dari kelaparan.

Menyorotkan Cahaya Ke Segala Sudut

cahaya-sudut

Menurut feng shui Cina, cahaya bisa memberikan dampak positif bagi rumah baru yang akan mereka huni. Dalam tradisi di Cina, penghuni baru harus menyorotkan cahaya ke segala sudut di rumah yang baru untuk mengusir roh-roh jahat dan membimbing roh-roh baik untuk bersemayam di dalam rumah.

Membawa Pohon Jeruk

pohon-jeruk

Masih dengan Cina, menurutnya jeruk adalah simbol keberuntungan dan kemakmuran. Jangan heran jika pada saat perayaan Imlek anda disuguhi jeruk oleh keluarga Tionghoa. Berdasarkan pengertiannya, mereka biasanya juga membawa pohon jeruk saat pindahan rumah agar bisa membawa keberuntungan dan kemakmuran sampai anak cucunya kelak.

Mengecat Teras Dengan Warna Biru

cat-teras-biru

Tradisi mengecat teras dengan warna biru ini datang dari penduduk belahan bumi selatan seperti New Zealand. Wilayah yang didominasi dengan laut ini percaya jika warna biru juga sangat penting bagi mereka seperti laut yang menjadi sumber kehidupan. Karena itu mereka akan mengecat bagian depan atau teras rumah dengan warna biru seperti laut.

Memindahkan Rumah

Pindahan Rumah

Bagi banyak orang, pindahan rumah berarti pindah di rumah baru dan bisa saja perabotan di rumah yang lama akan di bawa ke tempat yang baru. Namun bagi Suku Bugis di Indonesia, pindahan rumah sama dengan memindahkan rumah secara utuh. Tradisi memindahkan rumah secara utuh ini dinamakan Mappalette Bola. Bentuk rumah Suku Bugis berupa rumah panggung yang bisa diangkat dan dibongkar pasang. Saat pindahan, biasanya penduduk satu desa akan gotong royong untuk mengangkut rumah tersebut ke tempat yang baru.

Tags: Pindah Rumah Pindahan

Related Post "9 Tradisi Unik Pindahan Rumah Di Dunia"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga
7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017
Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang
Bayi Tabung Tak Sesuai, Dokter Ini Dituntut Rp 35 Milyar
Presentase keberhasilan dalam setiap hal yang dilakukan

Leave a reply "9 Tradisi Unik Pindahan Rumah Di Dunia"