9 Rekor Dunia Seputar Perang Sepanjang Sejarah

Perang antar bangsa memang menimbulkan banyak kerugian, entah materi ataupun nyawa. Jika dilihat dari sudut pandang keuntungan di masa depan yang bisa membuat negara untung, perang fisik ataupun non fisik tetaplah salah. Hal tersebut sudah tidak dapat di pungkiri lagi.

Perang

Dalam sejarah, umat manusia sudah melakukan perang senjata selama ratusan tahun hingga saat ini masih di lakukan di beberapa negara. Perang Dunia ke-2 merupakan salah satu tragedi perang paling bersejarah karena melibatkan negara-negara besar dan yang paling banyak menelan korban. Menurut Lawyerment, ada beberapa rekor dunia yang telah dilakukan perang sepanjang sejarah, berikut ulasannya :

Perang tersingkat

Perang Zanzibar

Perang tersingkat ini hanya dilakukan selama 38 menit. Perang antara Inggris dan Kesultanan Zanzibar ini terjadi pada tanggal 27 Agustus 1896 Jam 09:02 sampai jam 09:40. Saat itu, Inggris dipimpin oleh Laksamana Harry Rawson dan dia menyampaikan pernyataan terakhir untuk Zanzibar agar menyerahkan diri dan mengevakuasi penduduknya. Pada saat itu, Zanzibar kehilangan 500 personilnya dan Inggris kehilangan 1 pelautnya.

Perang Terlama

Perang Salib

Perang terlama dilakukan oleh Inggris dan Perancis selama 116 tahun. Perang ini berlangsung dari tahun 1337 sampai tahun 1453. Perang ini juga bisa dikatakan perang salib yang kesembilan.

Perang Saudara Paling Mengerikan

Pemberontakan Taiping

Sepanjang sejarah, perang saudara paling mengerikan terjadi pada saat pemberontakan T’ai-P’ing dari tahun 1851 sampai 1864. Pada saat itu, simpatisan petani Dinasti Ming Selatan melawan pemerintahan Manchu di China. Hung Hsiu-Ch’uan yang memimpin pemberontakan saat itu mati karena dieksekusi. Dia membayangkan bahwa dirinya adalah adik dari Yesus Kristus.

Perang Paling Berdarah

Perang Dunia kedua

Perang yang paling banyak menelan korban terjadi saat Perang Dunia ke-2 pada tahun 1937 sampai 1945. Pada saat itu, korban dari seluruh negara diperkirakan mencapai 72 juta orang. Diantara korban tersebut, paling banyak menelan warga sipil sebanyk 47 juta orang, termasuk mereka yang dikarenakan kelaparan dan penyakit karena perang. Negara yang paling banyak korbannya adalah Polandia dengan korban sekitar 6.028.000 dari populasi penduduk kurang lebih 35 juta jiwa saat itu.

Perang Termahal

Perang Dunia kedua 1

Dalam perang, masalah biaya materi tentunya tidak sedikit. Perang yang paling banyak menelan biaya materi terjadi saat Perang Dunia ke-2. Pada saat itu, Amerika Serikat menghabiskan dana sekitar US$ 288 miliar dan Jerman US$ 212.3 miliar.

Pertempuran Laut Terbesar

Teluk Leyte

Pertempuran laut terbesar terjadi di Teluk Leyte di Filipina pada tanggal 22-27 Oktober 1994. Saat itu, 231 kapal perang dan 1996 pesawat terbang terlibat dalam peperangan ini. 6 kapal milik Amerika Serikat dan 26 kapal milik Jepang dilaporkan telah tenggelam dalam pertempuran ini.

Invasi Udara Terbesar

Pertempuran Udara

Invasi udara terbesar ini melibatkan Inggris-Amerika melalui tiga divisinya di dekat Arnhem (pertempuran ini disebut juga Pertempuran Arnhem), Belanda pada tanggal 17 September 1944. Invasi udara ini melibatkan 34.000 prajurit, 2.800 pesawat dan 1.600 pesawat layang terbang.

Invasi Laut Terbesar

Pendaratan Normandia

Invasi laut terbesar atau yang disebut juga D-Day ini terjadi pada tanggal 6 Juni 1944 pada Perang Dunia ke-2. Invasi ini terjadi saat Operasi Overlord dari sekutu yang melakukan pendaratan di Normandia. Operasi ini dimulai dengan pembebasan daerah yang diduki Jerman Barat menuju Laut Eropa.

Evakuasi Terbesar

Evakuasi Dunkirk

Operasi Dynamo yang dilakukan sekutu ini merupakan evakuasi terbesar yang dilakukan melalui Pantai Dunkerque, Perancis pada tanggal 26 Mei dan 4 juni 1940. Kala itu, tentara inggris dan Perancis dikalahkan oleh tentara Jerman selama pertempuran Dunkerque. Sebanyak 338.226 tentara perancis dan inggris telah ditarik dari wilayang tersebut karena mengalami kekalahan.

Itulah beberapa rekor yang dilakukan umat manusia sepanjang sejarah. Banyak luka yang ditimbulkan oleh perang tersebut sampai saat ini. Semoga sejarah menjadi pembelajaran untuk saling menghargai dan menghormati negara lain tanpa harus menindas, apalagi menimbulkan perang.

Sumber : Lawyerment

Tags: Rekor Perang Track Record Perang

author
Author: 

Related Post "9 Rekor Dunia Seputar Perang Sepanjang Sejarah"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga
7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017
Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang
8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal
Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu

Leave a reply "9 Rekor Dunia Seputar Perang Sepanjang Sejarah"