8 Jenis Kembang Api yang Cocok Buat Merayakan Tahun Baru

Meriahnya dalam perayaan tahun baru selalu di tunggu-tunggu banyak orang di bumi ini. Detik demi detik menjelang datangnya tahun baru selalu menjadi hal menarik untuk disaksikan. Agar meriah, perayaan yang satu ini selalu ditemani dengan kembang api yang indah.

Bermacam-macam kembang api bisa digunakan dalam perayaan tahun baru. Namun untuk masyarakat Indonesia sendiri, setidaknya ada 8 jenis kembang api yang selalu digunakan dalam perayaan tahun baru. Berikut ulasannya.

Petasan

Petasan

Tentu tidak asing lagi bagi anda dengan kembang api yang satu ini. Bagi sebagian orang, kembang api yang satu ini terlihat indah bukan karena percikan api yang dibuatnya, melainkan karena suaranya. Petasan memang terkenal dengan suaranya yang bisa memekakan telinga.

Namun beberapa tahun terakhir, petasan sudah dilarang di Indonesia karena lebih banyak bahayanya. Dalam perundang-undangan sendiri pun tertulis bahwa mereka yang menggunakan ataupun yang terlibat dengan petasan bisa terancam maksimal 12 tahun penjara. Seperti sudah menjadi budaya, meski dilarang dan berbahaya, petasan masih tetap eksis dalam penggunaannya.

Air Mancur

Kembang Api Air Mancur

Bagi mereka yang masih berusia dibawah 10 tahun biasanya sangat suka dengan kembang api jenis ini karena bisa melihatnya langsung dari dekat. Penggunaan air mancur cukup mudah yaitu diletakkan dibidang yang datar saja. Air mancur bisa menciptakan semburan bungan api dan tumpah ditanah.

Pinwheels

Pinwheels

Pinwheels merupakan kembang api berbentuk tongkat yang nantinya akan ditancapkan di tanah. Namun saat ini sudah ada alat khusus untuk meluncurkan kembang api yang satu ini. Setelah dinyalakan, pinwheels akan meluncur ke langit dan menimbulkan letusan bunga api atau kincir angin yang indah.

Repeaters

Repeaters Fireworks

Bagi anda yang tidak suka membawa banyak kembang api, repeaters bisa menjadi pilihan. Letusan repeaters sama dengan pinwheels, namun dalam satu tabung atau kotak kembang api akan berisi banyak kembang api. Sekali anda menyalakan satu tabung saja, maka letusan kembang apinya akan banyak. Repeaters biasanya berisi 8-12 letusan kembang api.

Rockets

Rockets Fireworks

Jenis kembang api yang satu ini hampir mirip dengan petasan. Petasan akan meledak saat dinyalakan, namun rockets akan meluncur di udara terlebih dahulu sebelum meledak. Di beberapa daerah, jenis kembang api disebut selendor, solendor, dan lainnya.

Roman Candles and Tubes

Roman Candles and Tubes 1

Roman Candles and Tubes 2

Seperti namanya, kembang api jenis ini terletak pada sebuah tabung yang biasanya disusun berjejer. Letusan kembang api ini terlihat indah di langit seperti lilin yang ada pada kue ulang tahun.

Shells

Kembang Api Shells

Kembang Api Shells 2

Jenis kembang api yang sebelumnya akan meletus di udara dan membuat bunga api penuh warna acak yang indah. Namun untuk kembang jenis shells, hal tersebut tidak berlaku. Metode yang digunakan shells hampir sama dengan kembang api jenis rockets. Jika rockets hanya menimbulkan ledakan saja di udara, namun satu buah kembang api shelss akan membuat pola yang indah setelah ledakannya.

Sparklers

Sparkles

Sebagian besar dari anda tentu sudah memainkan jenis kembang api ini sewaktu kecil. Sparklers adalah sebuah kembang api yang di tahan di sebuah tongkat atau kawat kecil yang dinyalakan. Untuk membuat pola yang indah, anda harus berkreasi sendiri untuk membuatnya. Semakin anda kreatif, semakin indah bentuk dari kembang api yang satu ini. Cukup memegang sparkles yang menyala, biasanya anak kecil sudah merasa sangat senang.

Semua kembang api terbuat dari benda yang sangat mudah terbakar. Meski perayaan tahun baru sangat dinantikan. Berhati-hatilah saat menggunakan kembang api.

Tags: Kembang Api Tahun Baru Tradisi Tahun Baru

author
Author: 

Related Post "8 Jenis Kembang Api yang Cocok Buat Merayakan Tahun Baru"

Ketika Mesin di Manusiakan dan Manusia di Mesinkan
Sedih, terkejut, marah atau eskpresi apapun yang
Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Bayi Tabung Tak Sesuai, Dokter Ini Dituntut Rp 35 Milyar
Presentase keberhasilan dalam setiap hal yang dilakukan
Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan

Leave a reply "8 Jenis Kembang Api yang Cocok Buat Merayakan Tahun Baru"