7 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Di Indonesia

Indonesia akan selalu menjadi surga bagi penikmat eksotika alam khatulistiwa. Masih banyak tempat yang belum terjamah keindahannya, termasuk deretan gunung-pegunungan di sejumlah tempat. Meski terlihat sangat indah, berhati-hatilah karena sebagian besar gunung di Indonesia merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini.

Gunung Berapi

Berada di jalur cincin api (ring of fire) membuat Indonesia seakan-akan seperti bom yang siap meledak kapan saja. Dalam sejarahnya, setidaknya ada 7 letusan gunung berapi yang sangat fantastis di Indonesia sehingga dunia ikut merasakannya juga. Salah satunya merupakan letusan yang terdahsyat di dunia. Berikut ulasannya :

Letusan Gunung Kelud Tahun 1586

Gunung Kelud

Gunung Kelud yang terletak di Kediri, Jawa Timur sudah aktif sejak abad ke-15. Saat meletus pada tahun 1586, Gunung Kelud merenggut korban lebih dari 10 ribu jiwa. Pada abad ke-20, tercatat Gunung Kelud meletus pada tahun 1901, 1919, 1951, 1966 dan 1990. Pada tahun 2007 Gunung Kelud kembali aktif dan memunculkan gunung baru di tengah-tengah danau kawah Kelud. Para ahli menyimpulkan bahwa gunung ini akan meletus setiap 15 tahun sekali.

Letusan Gunung Merapi Tahun 1930

Gunung Merapi

Gunung Merapi terletak di bagian selatan pulau Jawa, tepatnya di Sleman, Yogyakarta. Gunung ini terletas di zona subduksi, dimana lempeng Indo-Australia terus bergerak ke bawah lempeng Eurasia. Letusan di daerah tersebut sudah berlangsung sejak 400 ribu tahun yang lalu.

Baca juga : 5 Hal Konyol yang Terjadi Jika Meteor Jatuh di Indonesia

Ada letusan-letusan kecil yang terjadi tiap 2-3 tahun di Gunung Merapi, yang lebih besar akan terjadi sekitar 10-15 tahun sekali. Dalam sejarahnya, letusan-letusan Gunung Merapi yang dampaknya besar yaitu pada tahun 1006, 1786, 1822, 1872, 1930, dan 2010. Letusan Gunung Merapi terdahyat terjadi pada tahun 1930 yang menghancurkan 13 desa dan menewaskan 1400 orang.

Letusan Gunung Galunggung Tahun 1882

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung tercatat meletus dengan dahsyat pada tahun 1882. Letusannya ini menghasilkan hujan pasir kemerahan yang sangat panas, abu halus, awan panas, serta lahar. Letusan Gunung Galunggung memakan korban sebanyak 4.011 jiwa dan menghancurkan 114 desa. Gunung Galunggung terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Letusan Gunung Agung Tahun 1963

Gunung Agung

Gunung Agung terletak di Pulau Bali. Jika dilihat dari lereng gunung, gunung Agung terlihat kerucut di puncaknya. Namun jika kita mendakinya, ada kawah besar di puncak gunung. Gunung Agung pertama kali meletus pada tanggal 17 Maret 1963 dan mengirimkan puing-puing 8-10 km ke udara. Banyak desa yang hancur akibat letusan gunung agung, setidaknya ada 1.500 orang korban jiwa pada bencana tersebut.

Letusan Gunung Krakatau Tahun 1883

Gunung Krakatau

Letusan Gunung Krakatau di Tahun 1883 ini menjadi sebuah legenda hingga saat ini. Gunung yang terletak di Selat Sunda yang berada di antara pulau Jawa dan Sumatra ini hilang akibat letusannya sendiri.

Baca juga : 7 Pohon Unik Ini Hanya Ada Di Indonesia

Gunung Krakatau meletus pada tanggal 26-27 Agustus 1883 yang mengeluarkan awan panas dan menyebabkan tsunami sehingga menelan korban 36 ribu jiwa. Suara letusan Gunung Krakatau terdengar sampai Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues, Afrika yang berjarak 4.653 km dari Gunung Krakatau. Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30 ribu kali bom aton yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II.

Kala itu, selama 1 tahun selepas Gunung Krakatau meletus, Bumi mengalami perubahan iklim yang signifikan. Dunia menjadi gelap meski di siang hari akibat debu vulkanis yang menutupi atmosfer. Debu-debu ini menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk di langit Norwegia dan New York.

Letusan Gunung Tambora Tahun 1815

Gunung Tambora

Gunung Tambora terletak di Sumbawa, NTB. Gunung ini meletus pada puncaknya di tahun 1815 yang menewaskan 71 ribu orang. Saking besarnya, suara letusan Gunung Tambora terdengar hingga pulau Sumatera.

Letusan Gunung Tambora menyebabkan perubahan iklim di yang drastis di Amerika Utara dan Eropa. Debu yang dihasilkan gunung ini mengakibatkan banyaknya gagal panen dan kematian ternak di belahan bumi utara.

Letusan Toba Supervolcano

Toba Supervolcano

Letusan Toba Supervolcano merupakan letusan gunung paling dahsyat di Bumi. Pasalnya, letusan ini hampir memusnahkan umat manusia di planet Bumi 75 ribu tahun yang lalu. Saat ini, daerah ini terkenal dengan daerah danau Toba dan pulau Samosir di Sumatera yang menjadi legenda rakyat.

Saat itu, manusia sudah dikategorikan menjadi homo sapiens (Eropa), dan Homo Erectus serta Homo Floresiensis (Asia). Menurut riset yang dilakukan para ahli, letusan Toba Supervolcano hanya menyisakan 5.000-10.000 ribu umat manusia. Manusia saat ini diperkirakan adalah turunan dari sisa-sisa orang yang selamat dari bencana tersebut.

Baca juga : 10 Tempat Terbaik Untuk Bulan Madu di Indonesia

Itulah 7 letusan gunung berapa paling dahsyat di Indonesia. Meski berada di daerah jalur cincin api yang rentan akan gempa dan letusan gunung berapi. Tetaplah jaga kelestarian alamnya.

Tags: Gunung Berapi Gunung Krakatau Ring of Fire Toba Supervolcano

author
Author: 

Related Post "7 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Di Indonesia"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini

Leave a reply "7 Letusan Gunung Berapi Terdahsyat Di Indonesia"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.