7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017

Haji adalah pelaksanaan rukun iman ke-5 yang didambakan kaum muslim. Semua berlomba-lomba ingin melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Para jamaah asal Indonesia, nantinya melakukan ritual haji mulai dari tawaf hingga sai di Makkah, mabit di Arofah, Musdalifah dan Mina. Tujuan mereka hanyalah satu, menjadi haji yang mabrur. Namun dalam pelaksanaan haji tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, para jamaah akan merasakan peristiwa langka yang akan terjadi di haji 2017 ini.

1. Haji Akbar

Puncak haji 2017 akan jatuh pada 1 September 2017, yakni tepat pada hari Jumat. Hal itulah yang disebut dengan Haji Akbar. Tidak semua pelaksanaan haji setiap tahun jatuh pada hari Jumat.

2. Hari Kemerdekaan

Para jamaah Indonesia gelombang pertama akan merasakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2017. Rencananya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia akan melakukan upacara bendera di Tanah Suci.


3. Puncak Musim Panas

Puncak musim panas di Arab Saudi akan berlangsung kira-kira di bulan Agustus-September. Cuaca diperkirakan hingga 52 Derajat Celsius. Jauh berbeda dengan suhu di Indonesia yang hanya 35-37 derajat celsius.

4. Wajah Masjidil Haram yang Baru

Pemerintah Arab Saudi sejak 2014 melakukan renovasi perluasan Masjidil Harram. Para jamaah Haji Tahun ini akan menjadi jamaah haji pertama yang merasakan luasnya Masjidil Harram.

5. Pembukaan Kuota Jamaah

Semenjak melakukan renovasi, Pemerintah Arab membatasi kouta haji. Namun, tahun ini kuota untuk seluruh negara berlaku normal. Pemerintah Indonesia sempat dilakukan pemangkasan hingga 20 persen atau 168.000 jamaah. Namun kini kembali normal, plus mendapat tambahan kuota 10.000 jamaah, dengan total 221.000 jamaah.

6. Aturan Baru Umrah dan Makkah

Pemerintah Arab Saudi melakukan perubahan kebijakan visa umrah 2017. Jika sebelumnya jamaah umrah tidak bisa masuk Arab Saudi saat masa haji selesai pada 15 Muharam, kali ini pelaksanaan ibadah umrah sudah bisa dilakukan mulai 1 Muharam. Dampak kebijakan tersebut, maka jamaah haji akan bertemu dengan jamaah umrah.

7. Tenda Baru di Arafah

Jamaah Indonesia akan merasakan tenda baru saat bermalam atau mabit di Arafah. Tenda baru tersebut memiliki kualitas yang dapat mengurangi rasa panas, dilengkapi berpendingin dan karpet. Di mana selama ini tenda Arafah mudah ambruk bila terkena angin dan usianya sudah 100 tahun.

Tags: Haji Haji 2017 Peristiwa Haji

author
Author: 

Related Post "7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017"

Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Pemetik Edelweis Rinjani, Kini Jadi Duta Pelestari Tanaman
Masih ingatkah anda dengan foto pemetik bunga
8 Karakter Menyeramkan yang Menghantui Hari Natal
Kegembiraan dan kebersamaan keluarga menjadi salah satu
Inilah Harga Kencan Dengan Putri Donald Trump
Siapa yang tak kenal dengan Donald Trump.

Leave a reply "7 Hal Langka yang Akan Terjadi Pada Haji 2017"