7 Cara Agar Lebih Mudah Tidur Nyenyak

Tidur merupakan hal penting bagi kesehatan dan keberlangsungan hidup anda. Inilah mengapa orang membutuhkan tidur yang cukup. Di era sekarang ini banyak kegiatan atau pekerjaan yang anda lakukan, mulai dari menyediakan sarapan, terkena kemacetan, mengurus si kecil, deadline kantor dan banyak lagi kegiatan lainnya. Jika hal tersebut terus berlanjut dan tidak bisa anda nikmati, anda tidak akan bisa tidur dengan nyenyak dan berakibat stress, penuaan, gangguan psikologis hingga penyakit kronis seperti diabetes dan radang sendi.

Dalam penelitian beberapa tahun terakhir yang di lakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit , ada sekitar 40 juta penduduk di dunia yang terkena penyakit kronis jangka panjang karena kurang tidur nyenyak. Untuk mengatasi hal tersebut, di bawah ini ada beberapa cara bagaimana cara tidur dengan nyenyak, berikut ulasannya :

1. Atur Pernapasan

Pernapasan sangat mempengaruhi kondisi psikologis, proses berpikir dan suasana hati seseorang. Dengan hanya memfokuskan perhatian pada pernapasan dan tanpa melakukan apa-apa sebelum tidur, anda dapat lebih santai. Beban pikiran akan sedikit terlepas dan membantu anda untuk tidur dengan nyenyak.

2. Mandi Air Hangat Sebelum Tidur

Mandi air hangat membantu mendinginkan tubuh anda. Rasa nyaman air hangat saat mandi dapat merelaksasi otot-otot dan saraf karena bekerja seharian.

3. Buat Ruang Tidur Anda Selalu Sejuk

Di saat anda lelah bekerja karena lembur, anda ingin langsung beristirahat karena harus menyimpan energi untuk esok hari. Selalu sempatkanlah menata ruang tidur anda agar tetap rapi dan menjaga kesejukannya setiap hari. Jika anda lelah dan langsung tertidur, tentu anda tidak mau bangun tengah malam karena suasana kamar anda yang kurang begitu enak.

4. Matikan Lampu Sebelum Tidur

Matikanlah lampu ruang tidur anda sebelum tidur. Sinar cahaya pada lampu, ponsel dan komputer dapat menekan produksi melatonin dalam otak. Jika anda terbiasa tidur dengan lampu menyala, gunakanlah lampu tidur atau lampu yang redup untuk membantu tidur anda agar lebih nyenyak.

5. Baca Buku Sebelum Tidur

Di saat masa-masa studi hingga sekarang, tentu anda pernah mengalami hal ini. Membaca buku efektif untuk membuat anda tidur lebih cepat. Tidak perlu membaca buku khusus, bacalah buku seadanya saja. Hindari membca ebook yang ada di smartphone atau laptop anda.

6. Matikan Gadget

Di saat anda lelah karena sudah beraktivitas seharian, tentu anda tidak mau harus bangun tengah malam karena ada suara dering telepon/pesan iseng yang masuk. Matikanlah gadget anda, Gunakanlah alarm jika anda ingin bangun tengah malam. Alarm masih dapat menyala meskin gadget anda dimatikan,

7. Hindari Merokok Sebelum Tidur

Banyak perokok yang percaya, merokok dapat membuat mereka lebih rileks. Nikotin yang terkandung dalam rokok merupakan stimulan sehingga anda dapat merasakan hal ini. Namun seperti yang anda tahu, hal ini tidak baik bagi kesehatan anda sendiri.

Tags: Cara Tidur Nyenyak Tips Tidur Nyenyak Trik Tidur Nyenyak

author
Author: 

Related Post "7 Cara Agar Lebih Mudah Tidur Nyenyak"

Ketika Mesin di Manusiakan dan Manusia di Mesinkan
Sedih, terkejut, marah atau eskpresi apapun yang
Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Bayi Tabung Tak Sesuai, Dokter Ini Dituntut Rp 35 Milyar
Presentase keberhasilan dalam setiap hal yang dilakukan
Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan

Leave a reply "7 Cara Agar Lebih Mudah Tidur Nyenyak"