6 Kotoran Hewan yang Suka Dikonsumsi Manusia

Jika anda mendengar atau melihat kotoran, ada sebagai dalam diri anda merasa jijik dan risih. Entah itu sampah yang berbau busuk, kotoran hewan, ataupun limbah. Namun tidak semua kotoran bisa anda anggap seperti itu. Faktanya, ada beberapa kotoran yang dapat bermanfaat hingga bisa dimakan oleh manusia.

Ada beberapa kotoran hewan yang bisa dijadikan bahan makanan maupun minuman yang bermanfaat bagi manusia. Selain itu, manfaat dan gizi yang terkandung di dalamnya sangat dibutuhkan bagi tubuh. Bahkan beberapa diantaranya dihargai hingga ratusan juta rupiah. Berikut 6 kotoran hewan yang bisa anda konsumsi :

Sarang burung walet

Sarang Burung Walet

Sarang burung walet memang sudah terkenal di dunia. Sarang burung walet terbuat dari air liur burung tersebut. Makanan ini sangat terkenal di restoran China. Harganya pun terbilang sangat mahal, di akhir 2014, harga pasaran internasional sarang burung walet lebih dari Rp 34 juta per kg.

Kopi Luwak

Kopi Luwak

Tentu anda tahu akan kopi ini. Indonesia merupakan negara terbesar dalam memproduksi kopi luwak. Luwak merupakan hewan pengerat yang suka mengkonsumsi kopi. Namun konsumsi tersebut tidak sempurna dalam pencernaannya hingga kopi yang dimakan tetap keluar secara utuh dengan kotorannya.

Kopi Gajah

Kopi Gajah

Sama halnya dengan luwak, gajah pun bisa memproduksi kopi melalui pencernaanya. Namun ada yang berbeda, jika luwak susah untuk mencerna biji kopi, gajah sangat mudah mencernanya. Untuk mendapatkan 1 kg kopi gajah, diperlukan 33 kg biji kopi sebagai makanan gajah. 1 kg kopi gajah bisa dihargai Rp 10 juta.

Kencing Sapi

Kencing Sapi

Maukah anda mengkonsumsi kencing sapi? Di India, kencing sapi ini sudah dijual di toko-toko minuman yang disandingkan dengan susu dan yogurt. Awalnya, sebuah kelompok budaya Hindu di negara tersebut mencoba untuk meneliti dan mengembangkan kotoran sapi dan akhirnya lahirlah minuman yang berasal dari kencing sapi. Kencing sapi yang telah di produksi tersebut tidak diminum secara langsung, melainkan dicampur dengan minuman lain.

Kotoran Semut Madu

Semut Madu

Semut madu dapat ditemui di Australia. Seperti namanya, semut madu ini dapat menghasilkan madu yang disimpan dalam perutnya. Ada katup di bagian perutnya yang sepertinya dapat membedakan untuk membuang kotoran dan madu yang dia produksi di dalam perutnya.

Kotoran Panda

Teh Kotoran Panda

Panda, hewan yang satu ini sangat menyukai bambu sebagai makananya. Di China, kotoran panda digunakan sebagai pupuk untuk teh. Jika kotoran hewan biasanya diolah terlebih dahulu untuk dijadikan pupuk organik, kotoran panda tidak demikian. Kotoran yang dihasilkan oleh panda langsung di berikan sebagai pupuk untuk tanaman teh. Percangkir, harga teh kotoran panda ini terbilang cukup mahal, yaitu Rp 2,3 juta.

Tags: Kotoran Hewan

author
Author: 

Related Post "6 Kotoran Hewan yang Suka Dikonsumsi Manusia"

Ketika Mesin di Manusiakan dan Manusia di Mesinkan
Sedih, terkejut, marah atau eskpresi apapun yang
Bocah 9 Tahun Lamar Kerja di NASA, Ini Balasannya
Pada bulan Juli 2017 lalu, Badan Penerbangan
Bayi Tabung Tak Sesuai, Dokter Ini Dituntut Rp 35 Milyar
Presentase keberhasilan dalam setiap hal yang dilakukan
Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan

Leave a reply "6 Kotoran Hewan yang Suka Dikonsumsi Manusia"