5 Spesies Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia

Bertahan hidup dari segala kondisi memang butuh kepiawaian dalam beradaptasi terhadap lingkungan, tak terkecuali dengan hewan. Biasanya, jika kita ingin melihat hewan-hewan tersebut bisa dengan mendatangi kebun binatang dan cagar alam. Banyak hewan yang dipelihara disana, bahkan ada juga hewan langka yang dipamerkan namun sudah mati yang diawetkan dan ada juga yang berupa fosil.

Umumnya, fosil-fosil tersebut menggambarkan hewan jaman purba yang sudah punah jutaan tahun lamanya. Meski sudah sangat lama dari jamannya, ada beberapa spesies hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 7 hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Berikut ulasannya :

Ikan Raja Laut

Ikan raja laut atau Coelacant merupakan ikan purba yang banyak hidup pada 360 juta tahun yang lalu. Saat ini di dunia hanya 2 macam ikan raja laut berdasarkan tempat tinggalnya, Latimeria Menadoensis (Indonesian Coelacanth) dan Latimeria Chalumnae (Comoro Coelacanth).

Latimeria Menadoensis

Latimeria Menadoensis

Di Indonesia, ikan raja laut bisa ditemui di perairan Pulau Manado Tua, Sulawesi Utara. Terakhir kali ikan ini terlihat pada tahun 1998 yang tertangkap oleh nelayan. Pada tahun-tahun sebelumnya pun nelayan sering menangkap ikan ini, namun tidak mengetahui jika ikan tersebut adalah ikan purba yang langka sampai akhirnya ada seorang peniliti yang tinggal di Manado dan mengetahui hal tersebut.

Baca juga : Serangan Nuklir Tak Mempan pada 7 Mahluk Hidup Ini

Latimeria Chalumnae

Latimeria Chalumnae

Perbedaan antara ikan raja laut Indonesia dan Komoro terletak pada warnanya. Jika di Indonesia, ikan ini berwarna cokelat, sedangkan di Komoro berwarna biru baja.

Komodo

Komodo

Komodo

Komodo merupakan spesies reptil purba endemik yang hidup sejak jaman purba. Hewan yang satu ini hanya hidup di Indonesia, tepatnya di pulau komodo dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Komodo merupakan kerabat dekat dari dinosaurus. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil dinosaurus yang mirip dengan tubuh komodo.

Rahasia komodo dalam bertahan hidup selama 40 juta tahun ada pada pertahanan hidup dan cara reproduksinya. Komodo memiliki air liur yang sangat mematikan karena mengandung 66 jenis bakteri mematikan. Sedangkan untuk reproduksinya sendiri, komodo bisa bertelur tanpa adanya penjantan (partenogenesis).

Buaya

Buaya Muara

Buaya Muara

Ciri-ciri hewan purba yang bisa dilihat secara kasat mata yaitu pada kulitnya yang keras. Buaya pun termasuk salah satu hewan purba yang memiliki ciri-ciri tersebut dan memang salah satu hewan purba yang tersisa didunia.

Baca juga : 16 Spesies Hewan Baru Hasil Peranakan Hewan yang Berbeda

Buaya yang hidup saat ini merupakan kerabat dari hewan reptil purba, Crocodilesaurus yang merupakan nenek moyangnya. Crocodilesaurus mempunyai panjang hampir 30 meter. Namun karena pengaruh alam dan untuk beradaptasi, tubuh crocodilesaurus menyusut dan menjadi buaya yang hidup saat ini. Di Indonesia, ada 7 spesies buaya, diantaranya yaitu buaya muara, buaya irian, buaya mindoro, buaya kalimantan, buaya air tawar, buaya sahul, dan buaya senyulong.

Ikan Arwana

Ikan Arwana Super Red

Ikan Arwana Super Red

Salah satu ikan purba yang masih hidup selain ikan raja laut adalah ikan arwana. Ikan ini dapat ditemukan di Amazon, Afrika, Asia dan Australia. Ikan karnivora ini memiliki habitat sungai dan danai yang berair tenang. Habitat asli arwana di Indonesia yaitu ada di hulu Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat. Perairan ini merupakan wilayah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif bagi ikan arwana.

Trenggiling

Trenggiling Jawa

Trenggiling Jawa

Trenggiling atau pangolin merupakan juga salah satu hewan purba yang masih hidup hingga saat ini. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil pada masa Oligosen dan Miosen. Meski terlihat seperti reptil, hewan bersisik ini termasuk mamalia yang melindungi dirinya dengan menggulungkan badannya seperti bola.

Baca juga : Unik, 12 Binatang Ini Miliki Tubuh yang “Bening”

Trenggiling dapat ditemui di daerah hutan hujan tropis dataran rendah seperti di Indonesia. Penyebaran trenggiling di Indonesia ada di daerah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

 

Tags: Buaya Muara Coelacanth Hewan Purba Ikan Arwana Super Red Ikan Raja Laut Komodo

author
Author: 

Related Post "5 Spesies Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Air Minum Tak Pernah Basi, Inilah Fungsi Tanggal Kedaluwarsa Air Minum Kemasan
Kebutuhan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini

Leave a reply "5 Spesies Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia"