5 Hal yang Harus Kamu “Paksa” Di Umur 20 Tahun Keatas

Setiap manusia mempunyai pemikiran sendiri tentang kedewasaan. Umur tidak bisa menjadi patokan apakah orang tersebut sudah dewasa atau belum. Namun pada umumnya, jika sudah umur 20 tahun keatas, tentu kamu akan berpikiran bahwa orang tersebut sudah dewasa bukan?

Dewasa

Di umur yang sudah menginjak kepala 2, seharusnya kita sudah mulai belajar tentang kehidupan yang sesungguhnya, belajar tentang masa depan dan efek jangka panjang. Namun pada kenyataannya, banyak diantara kita semua yang tidak sadar akan hal tersebut, bahkan ada yang tidak peduli sama sekali. Jika mau dipaksakan, sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan. Berikut 5 hal yang harus kamu paksakan di umur 20 tahun keatas.

Paksakan Sikap Mandiri

Membersihkan tempat tidur

Sudah saatnya bagi kamu untuk mandiri. Jika belum siap, maka paksakanlah. Sikap mandiri tidak bukan hanya masalah mendapatkan penghasilan sendiri. Mulailah dari hal kecil seperti membersihkan kamar, menjaga lingkungan sekitar, buang tempat sampah pada tempatnya, cuci baju sendiri, dan hal lainnya. Lakukanlah dari hal kecil, kamu nanti akan terbiasa untuk melakukan hal lainnya secara mandiri. Secara tidak langsung, ini juga akan mengajarkan kamu sikap bertanggung jawab.

Paksakan Sikap Dewasa

Sudut Pandang

Diantara kamu semua, pasti ada yang dipaksa untuk bersikap dewasa. Misal saat ada pasangan yang bertengkar, akan ada dimana kata-kata ini “kamu tidak dewasa” akan keluar begitu saja. Memang untuk bersikap dewasa tidak semudah pengucapannya. Sikap dewasa ini perlu terus dipelajari dan di perbarui. Di umur 20 tahun keatas adalah waktu yang tepat untuk mulai benar-benar serius mempelajarinya. Cobalah untuk melihat suatu permasalahan atau keadaan tidak hanya dari sudut pandangmu saja, tapi cobalah untuk melihat dari berbagai sudut sehingga kamu mempunyai pandangan yang luas.

Paksakan Sikap Mandiri Finansial

Mandiri Finansial

Tamat sekolah, kerja, dan nikah. Banyak diatara kamu semua yang mempunyai impian dengan urutan tersebut. Namun tidak sedikit yang melenceng dengan masih minta-minta sama orang tua, bahkan sudah punya anak. Di saat umur 20 tahun keatas, paksakanlah sikap mandiri secara finansial. Tidak perlu muluk-muluk, mulai dari menabung, diikuti kerja part time, online shop atau hal lainnya yang bisa mengurangi beban orang tua.

Memang tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan, namun carilah peluang kerja. Jika kamu punya waktu untuk mengeluh, gunakalah waktumu untuk mencari peluang. Jika ingin mengeluh, mengeluhlah pada penciptamu. Soal hasil, sudah ada yang ngatur :D.

Paksakan Dewasa Urusan Cinta

Paksakan Urusan Cinta

Di umur 20, apalagi sudah lebih, sudah waktunya bagi kamu untuk belajar tentang urusan cinta. Bukan cinta yang hanya pacaran, putus, terus cari, dapet pasangan, putus lagi dan begitu seterusnya. Pikirkanlah hubungan serius yang pantas untuk dibawa ke pelaminan.

Paksakan Jadi Lebih Baik

Paksakan Jadi Lebih Baik

Jadilah diri yang lebih baik.Hal ini memang harus dipaksakan karena diatara kamu pasti ada yang terkukung gitu-gitu aja. Belajarnya dari hari ke hari, keluarlah dari kamarmu, jangan hanya diam saja. Banyak hal yang perlu kamu lihat. Ajaran apapun seperti pendidikan formal dan keagamaan juga mengajarkan kita tentang menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Untuk menjadi dewasa memanglah tidak mudah, banyak hal yang perlu kamu pelajari. Jika ingin cepat belajar tentang ini, sering-seringlah berinteraksi dengan orang lain.

Tags: Dewasa

Related Post "5 Hal yang Harus Kamu “Paksa” Di Umur 20 Tahun Keatas"

6 Ritual Pacaran Paling Unik Di Dunia
Setiap masyarakat di dunia mempunyai tradisi budaya

Leave a reply "5 Hal yang Harus Kamu “Paksa” Di Umur 20 Tahun Keatas"