5 Demo Besar-Besaran yang Pernah Terjadi Di Indonesia

Bukti suatu negara demokrasi terlihat dengan adanya bebas menunjukkan pendapatnya. Inilah yang menjadi bukti bahwa Indonesia merupakan negara yang berdemokrasi. Paling tinggi, rakyat akan melakukan demo untuk mengaspirasikan pendapatnya. Di Indonesia sendiri, sudah sering kita melihat atau mendengar demo. Namun yang tercatat saat ini, ada 8 demo besar-besaran yang pernah dilakukan rakyat Indonesia sepanjang sejarah.

Demo Tahun 1966

tritura

Demo pada tahun 1966 atau yang lebih dengan Tritura (tiga tuntutan rakyat) ini terkait dengan PKI kala itu. Para pendemo yang rata-rata mahasiswa tergabung dengan KAMI ( Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) memprotes pemerintah karena harga BBM yang melambung tinggi, harga barang naik, dan pemerintahan yang dianggap tidak bagus lagi oleh mereka.

Para pendemo meminta tiga hal pada pemerintah

  1. Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya
  2. Perombakan Kabinet Dwikora
  3. Turunkan harga sembako

Demo Tahun 1974

peristiwa-malari

Demo tahun 1974 ini dikenal dengan Peristiwa Malari (Malapetaka Lima Belas Januari). Malari ini dilakukan saat kunjungan Perdana Menteri Jepang, Tanaka Kakuei ke Indonesia. Kala itu, mahasiswa menganggap Jepang sebagai pemeras ekonomi Indonesia karena mengambil 53% eskpor dan memasok 29% impor Indonesia.

Investasi Jepang yang semakin bertambah di pulau Jawa dianggap membunuh pengusaha-pengusaha kecil pribumi. Hal inilah yang membuat para mahasiswa khawatir akan keberlangsungan perekonomian di pulau jawa kala itu. Awalnya aksi ini dilakukan dengan damai di halaman Universitas Trisakti. Namun di beberapa tempat di jakarta banyak terjadi kerusuhan dengan pembakaran produk-produk Jepang.

Demo tahun 1998

demo-1998

Demo tahun 1998 ini dianggap demo paling monumental sepanjang sejarah Indonesia karena berhasil menggulingkan Presiden Soeharto yang kala itu berkuasa selama lebih dari tiga dasawarsa. Aksi demo ini jauh dari kata damai karena ada empat mahasiswa yang tewas tertembak.

Gerakan ini mendapatkan momentum ketika Indonesia diterpa krisis moneter kala itu. Aksi demo tahun 1998 ini lebih dikenal dengan Tragedi Trisakti, meskipun kala itu juga ada Tragedi Semanggi I dan Semanggi II yang merupakan aksi protes terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa MPR yang mengakibatkan tewasnya belasan warga sipil.

Demo May Day

demo-mayday

Sejak jaman pemerintahan Presiden Soeharto sampai saat ini. Demo buruh atau yang dikenal dengan May Day setiap tahun selalu diwarnai dengan demo. Sebelum tahun 2013, tuntutan yang sering digaungkan yaitu mengenai pemberlakuan 1 Mei sebagai hari buruh nasional. Paling besar, pada tahun 2000, buruh melakukan aksi mogok kerja selama 1 minggu. Hal ini membuat para pengusaha, khususnya PT Sony Indonesia menjadi gerah dan mengancam akan hengkang ke Malaysia.

Pada tahun 2013, kegigihan para buruh akhirnya terbayarkan pada masa pemerintahan Presiden SBY yang mengesahkan 1 Mei sebagai hari buruh nasional.

Demo Tahun 2016

demo-4-november

Demo tahun 2016 yang terjadi di bulan November dan Desember ini terkait dengan penistaan agama yang dilakukaan oleh Gubernur Nonaktif Basuki Tjahaja Purnama. Aksi damai yang dilakukan 4 November dan 2 Desember 2016 ini disebut juga sebagai aksi bela Al-Qur’an. Demonstran yang mayoristas beragama Islam dari berbagai penjuru di Indonesia ini menuntut agar Ahok (Basuki Tjahaja Purnama) ditangkap dan diproses secara adil. 2 Desember 2016 yang bertepatan dengan hari Jumat akhirnya ditutup dengan Shalat Jumat yang dilakukan di Monas oleh para pendemo dan ikut sertanya Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

aksi-demo-2-desember

Tags: Demo

author
Author: 

Related Post "5 Demo Besar-Besaran yang Pernah Terjadi Di Indonesia"

RM Dorodjatun, PNS Pertama Indonesia yang Patut Diteladani
Pegawai Negeri Sipil atau yang biasa disebut
Yuk Kenalan dengan Enny Arrow, Si Ratu Erotika Indonesia
Enny Arrow, nama ini pernah populer di
13 Uang Logam Indonesia yang Mengandung Emas
Beberapa tahun silam, bahkan sampai saat ini
6 Makanan Pedas Indonesia Tahun 2017 Paling Viral
Tak terelakkan lagi jika Indonesia sangat terkenal

Leave a reply "5 Demo Besar-Besaran yang Pernah Terjadi Di Indonesia"