12 Tragedi Kematian Massal Pada Ritual Keagamaan

Dalam beberapa dekade terakhir, banyak nyawa manusia melayang secara masal. Entah karena terjangkit penyakit, bencana alam, terorisme, perang dan hal lainnya. “Terinjak-injak” merupakan salah satu penyebab terjadinya hal tersebut. Mulai dari ketidaktertiban, ketidak sabaran dan tentunya itu juga merupakan salah satu takdir yang merupakan perantara cara seseorang tersebut meninggal dunia.

Devotees crowd to attend the Maha Pushkaralu, a Hindu festival, on the banks of river Godavari at Rajahmundry in Andhra Pradesh, India, July 14, 2015. Twenty-seven people were killed and 40 injured on Tuesday in a stampede in the Indian state of Andhra Pradesh, police said, as crowds surged to bathe in the Godavari River on the first day of the religious festival held once every 144 years. REUTERS/R Narendra TPX IMAGES OF THE DAY

Di beberapa negara yang memiliki pengunjung dan kepadatan penduduk yang banyak, rentan akan terjadinya hal ini. Dalam tragedi ini, banyak diantaranya karena ritual keagamaan, berikut ulasannya :

1. Tanggal 2 Juli 1990 di Mina, Arab Saudi

Sekitar 1.420 jemaah, sebagian besar dari Malaysia dan Indonesia, meninggal di terowongan Mina. Pemerintah mengatakan sebagian besar meninggal akibat sesak nafas setelah ventilasi di terowongan rusak.

2. Tanggal 9 April 1998 di Mina, Arab Saudi

Paling tidak 118 jemaah meninggal dan lebih dari 180 lainnya terluka saat lempar jumroh. Sebagian besar jemaah dari Indonesia dan Malaysia meninggal terinjak-injak setelah jatuh dari jembatan.

3. Tanggal 9 Mei 2001 di Accra, Ghana

Sekitar 120 orang meninggal di stadion olahraga Accra setelah pertandingan antara pendukung Accra Hearts dan Asante Kotoko. Polisi dituding bertanggung jawab oleh korban selamat karena menembakkan gas air mata di stadion yang penuh itu. Demonstrasi diawali oleh tim yang kalah.

4. Tanggal 1 Februari 2004 di Mina, Arab Saudi

Sekitar 251 jemaah meninggal dalam peristiwa terinjak-injak selama 27 menit. Para pejabat mengatakan banyak korban bukan jemaah yang seharusnya tidak ikut dalam lempar jumroh. Sejumlah prosedur baru diterapkan menyusul kejadian ini.

5. Tanggal 31 Agustus 2005 di Baghdad, Iraq

Sekitar 1.000 jemaah Syiah meninggal terinjak-injak dan tenggelam di Sungai Tigris setelah terdengar berita buruk terjadi pengeboman bunuh diri. Berita ini menimbulkan kepanikan dan banyak korban jatuh di kalangan anak-anak dan perempuan.

6. Tanggal 12 Januari 2006 di Mina, Arab Saudi

Paling tidak 364 orang meninggal akibat terinjak-injak setelah sejumlah koper jatuh dari bus di depan salah satu jembatan jumroh. Banyak jemaah yang terpeleset.

7. Tanggal 3 Agustus 2008 di Himachal Pradesh, India

Paling tidak 140 orang meninggal di kuil Nainadevi, India saat hujan dan tenda tempat berlindung ambruk dan mengakibatkan kepanikan.

8. Tanggal 30 Desember 2008 di Rajasthan, India

Lebih dari 220 orang meninggal dalam peristiwa di kuil Hindu, Chamunda Devi di dalam benteng Mehrangarh.

9. Tanggal 22 November 2010 di Phnom Penh, Kamboja

Lebih dari 375 orang meninggal akibat berjejalan di jembatan di sungai Tonle Sap selama perayaan festival air. Perdana Menteri Hun Sen menggambarkan peristiwa itu sebagai “tragedi terbesar,” di Kamboja sejak Khmer Merah.

10. Tanggal 14 Januari 2011 di Kerala, India

Lebih dari 102 jemaah meninggal akibat berjejalan saat kembali dari kuil Hindu Sabarimala. Kuil itu terletak di daerah pegunungan terpencil.

11. Tanggal 14 Oktober 2013 di Madhya Pradesh, India

Paling tidak 115 orang meninggal karena terinjak-injak di dekat kuil Ratangarh, setelah kepanikan terjadi di satu jembatan. Ratusan orang berkumpul dalam perayaan Hindu Navatri.

12. Tanggal 24 September 2015 di Mina, Arab Saudi

Lebih dari 700 jemaah haji meninggal dalam insiden terinjak-injak di Mina, lebih 800 lainnya luka-luka. Dua juta jemaah melakukan lempar jumroh di Mina, dalam rangkaian ibadah haji.

Tags: Tragedi Mina Tragedi Terinjak-Injak

Related Post "12 Tragedi Kematian Massal Pada Ritual Keagamaan"

Bendi, Sayuran Khas Sejuta Manfaat Bagi Penderita Diabetes
"Empat sehat lima sempurna". Salah satu menyeimbangkan
Keblak, Mahluk Mistis Paling Melagenda Asli Indonesia
Indonesia yang mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika

Leave a reply "12 Tragedi Kematian Massal Pada Ritual Keagamaan"